Selamat Datang di Blogspot Geografi SMA Geo92 Elharis Putra

Rabu, 25 Desember 2013

RPP dan Prota

PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran  : Geografi
Kelas                  : X
Tahun Pelajaran         : 2011/2012

A.     Jumlah Minggu Efektif
        
No
Semester
Bulan
JML
Minggu
Efektif
Ket
1
I
Juli


Agustus


September


Oktober


Nopembeer


Desember


Januari



Jumlah



2
II
Januari


Februari


Maret


April


Mei


Juni



Jumlah




B.     Rincian Kegiatan
        
No
Semester
Bulan
JML
Minggu
Ket
1
I
Ujian Blok


Ulangan Harian


Penyajian Materi


Remidi/Pengayaan



Jumlah



2
II
Ujian Blok


Ulangan Harian


Penyajian Materi






Jumlah



      
                                               
         Mengetahui,                                                                    Rantau, 14 Juli 2012
       Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran



    Drs. Junaidi                                                                                     Elharis Putra, S.Pd












RANCANGAN PEMBELAJARAN

Indentitas
1.    Sekolah                     : SMA PATRA NUSA
2.    Mata Pelajaran        : Geografi
3.    Kelas / Semester      : X/1
4.    Tahun Pelajaran      : 2011/2012
5.    Alokasi waktu          : 2 x 45 menit


I.      Standard Kompetensi
         Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
II.     Kompetensi Dasar
         Menjelaskan konsep geografi
III.   Materi Pokok
         Konsep Geografi
IV.   Indikator
         ·   Menguraikan konsep geografi dari berbagai referensi
         ·   Merumuskan konsep geografi dalam kajian geografi
V.     Uraian Materi
         ·   Pengertian dan batasan geografi
         ·   Ruang lingkup Geografi
         ·   Ilmu-ilmu penunjang geografi
         ·   Objek studi ilmu geografi
         ·    Konsep esensial geografi
VI.   Skenario Pembelajaran
         Pertemuan I
         ·   Guru memberikan penjelasan singkat pengertian geografi dari berbagai ahli
        ·    Siswa menyimpulkan pengertian geografi dari pendapat para ahli (disesuaikan dengan pendapat Ikatan Geografi Indonesia)
         ·   Guru menjelaskan ruang lingkup dan objek studi ilmu geografi
         ·   Siswa mencari ilmu-ilmu  penunjang geografi sesuai dengan ruang lingkup geografi
         ·    Siswa mengklasifikasikan oleh material geografi dan objek formal geografi
         Pertemuan II
         ·   Guru memberi penjelasan singkat konsep esensial geografi
         ·   Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan konsep geografi dalam kajian geografi
         ·   Siswa menganalisis dengan memberi contoh konsep-konsep geografi
VII.  Tempat/Alat/Sumber Belajar
         ·   Tempat          : Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
         ·    Alat               : Bagan konsep geografi
         ·   Sumber          : Buku geografi yang relevan, majalah, Koran, internet
VIII.     Penilaian
         1.  Bagian definisi geografi menurut ikatan geografi Indonesia?
         2.  Sebutkan ruang lingkup geografi dan berikan masing-masing ilmu penunjangnya!
         3.  a.   Apa yang dimaksud objek material dan objek formal?
             b.   Terdiri dari unsur apa sajakah kedua objek tersebut?
         4.  Apa yang dimaksud dengan konsep lokasi geografi?
         5.  Sebutkan konsep esensial geografi secara lengkap!
           
         Mengetahui,                                                                    Rantau, 14 Juli 2012
       Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran



    Drs. Junaidi                                                                                    Elharis Putra, S.Pd.

                                    RANCANGAN PEMBELAJARAN

Indentitas
1.    Sekolah                     : SMA PATRA NUSA
2.    Mata Pelajaran        : Geografi
3.    Kelas / Semester      : X/1
4.    Tahun Pelajaran      : 2011/2012
5.    Alokasi waktu          : 2 x 45 menit


I.      Standard Kompetensi
         Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
II.     Kompetensi Dasar
         Menjelaskan Pendekatan Geografi
III.   Materi Pokok
         Metode Pendekatan Geografi
IV.   Indikator
         ·    Menjelaskan metode/pendekatan geografi
         ·    Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
V.     Uraian Materi
         ·    Metode/pendekatan keruangan (spatial approach)
         ·    Pendekatan kewilayahan
              ~   Pendekatan topic
              ~   Pendekatan aktivitas manusia
              ~   Pendekatan regional (ecological approach)
VI.   Skenario Pembelajaran
         Pertemuan I
         ·    Guru menjelasan pendekatan geografi secara singkat
         ·    Siswa mengkaji pendekatan geografi dengan konsep esensial geografi
         ·    Guru dan siswa menyimpulkan 3 macam pendekatan geografi
         Pertemuan II
         ·    Guru memberi pre tes tentang materi di minggu sebelumnya
         ·    Siswa menjawab secara lisan
         ·    Siswa bertanya kajian pendekatan geografi yang belum dimengerti
         ·    Guru merespon pertanyaan siswa
         ·    Guru memberikan post test akhir materi pendekatan geografi
VII.  Tempat/Alat/Sumber Belajar
         ·    Tempat             : Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
         ·    Alat                  : Bagan pendekatan geografi
         ·    Sumber Belajar : Buku geografi yang relevan, majalah, Koran, internet
VIII.      Penilaian
         1.   Meliputi apa saja pendekatan geografi? Sebut dan jelaskan secara singkat!
         2.   Jelaskan unsur apa saja yang terkandung dalam pendekatan ruang!
         3.   Berikan contoh pendekatan geografi!
         4.   Apa yang dimaksud dengan unsur aksesibilitas?
         5.   Apa yang dimaksud dengan pendekatan kompleks wilayah?

         Mengetahui,                                                                    Rantau, 14 Juli 2012
       Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran



    Drs. Junaidi                                                          Elharis Putra, S.Pd.



RANCANGAN PEMBELAJARAN

Indentitas
1.    Sekolah                     : SMA PATRA NUSA
2.    Mata Pelajaran        : Geografi
3.    Kelas / Semester      : X/1
4.    Tahun Pelajaran      : 2011/2012
5.    Alokasi waktu          : 2 x 45 menit


I.       Standar Kompetensi
          Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
II.      Kompetensi Dasar
          Menjelaskan Prinsip Geografi
III.    Materi Pokok
          Prinsip-prinsip geografi
IV.    Indikator
          ·    Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
          ·    Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
          ·    Menerapkan prinsip geografi dalam kajian geosfer
V.      Uraian Materi
          ·    Prinsip penyebaran
          ·    Prinsip interelasi
          ·    Prinsip deskripsi
          ·    Prinsip korologi (keruangan)
          ·    Kunci pokok dalam memahami prinsip geografi
VI.    Skenario Pembelajaran
          Pertemuan I
          ·    Guru menjelasan prinsip-prinsip geografi
          ·    Siswa menyimpulkan perbedaan prinsip-prinsip geografi
          ·    Secara kelompok siswa berdiskusi contoh nyata dari prinsip-prinsip geografi
          Pertemuan II
          ·    Siswa menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas
          ·    Guru melengkapi hasil diskusi siswa
          ·    Guru memberi penjelasan kunci pokok dalam memahami geografi
          ·    Guru memberikan pusat post test materi prinsip geografi
VII.   Tempat/Alat/Sumber Belajar
          ·    Tempat            : Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
          ·    Alat                 : Bagan prinsip geografi
          ·    Sumber Belajar         : Buku geografi yang relevan, majalah, Koran, internet
VIII. Penilaian
          1.   Jelaskan perbedaan 4 prinsip geografi!
          2.   Sebutkan 2 kunci pokok dalam memahami prinsip geografi!
          3.   Meliputi unsure apa sajakah pengaruh unsur fisik dalam memahami prinsip geografi?
          4.   Meliputi unsure apa sajakah pengaruh unsur topologi dalam memahami prinsip geografi?
          5.   Berikan penjelasan bahwa pengaruh unsur letak mempengaruhi kajian geografi!

         Mengetahui,                                                                    Rantau, 14 Juli 2012
       Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran



    Drs. Junaidi                                                          Elharis Putra, S.Pd.


RANCANGAN PEMBELAJARAN

Indentitas
1.    Sekolah                     : SMA PATRA NUSA
2.    Mata Pelajaran        : Geografi
3.    Kelas / Semester      : X/1
4.    Tahun Pelajaran      : 2011/2012
5.    Alokasi waktu          : 2 x 45 menit

I.      Standar Kompetensi
         Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
II.     Kompetensi Dasar
         Mendeskripsikan aspek geografi
III.   Materi Pokok
         Aspek geografi
IV.   Indikator
         ·     Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
         ·     Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan social geografi
         ·     Memberikan contoh aspek-aspek geografi dalam kehidupan sehari-hari

V.     Uraian Materi
         Aspek geografi yang meliputi:
         ·     Aspek fisik (alamiah) dengan gejala-gejala alam yang timbul
         ·     Aspek social (kehidupan) dengan segala interaksi penyebaran maupun relasinya
VI.   Skenario Pembelajaran
         Pertemuan I
         ·     Guru memberikan penjelasan singkat mengenai aspek fisik geografi
         ·     Guru mengadakan Tanya jawab mengenai keadaan alam di lingkungan sekitar siswa
         ·     Siswa merespon pertanyaan guru
         ·     Guru melengkapi jawaban siswa yang kurang jelas
         Pertemuan II
         ·     Guru memberi pre tes aspek fisik geografi
         ·     Siswa merespon secara lisan
         ·     Guru melanjutkan materi aspek social geografi
         ·     Siswa menyimpulkan penjelasan guru
         ·     Guru mengadakan post test materi aspek geografi
VII.  Tempat/Alat/Sumber Belajar
         ·   Tempat              : Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
         ·   Alat                   : Bagan prinsip geografi
         ·   Sumber Belajar  : Buku geografi yang relevan, majalah, Koran, internet
VIII.       Penilaian
         1.    Terdiri dari apa sajakah aspek geografi?
         2.    Jelaskan unsur-unsur aspek alamiah geografi!
         3.    Jelaskan unsur-unsur aspek sosial geografi!
         4.    Berikan contoh unsur-unsur aspek alamiah!
         5.    Berikan contoh unsur-unsur aspek social!

         Mengetahui,                                                                    Rantau, 14 Juli 2012
       Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran



    Drs. Junaidi                                                          Elharis Putra, S.Pd.


RANCANGAN PEMBELAJARAN

Indentitas
1.    Sekolah                     : SMA PATRA NUSA
2.    Mata Pelajaran        : Geografi
3.    Kelas / Semester      : X/1
4.    Tahun Pelajaran      : 2011/2012
5.    Alokasi waktu          : 2 x 45 menit


I.      Standar Kompetensi
         Memahami sejarah pembentukan bumi

II.     Kompetensi Dasar
         Menjelaskan sejarah pembentukan bumi

III.   Materi Pokok
         Pembentukan bumi

IV.   Indikator
         ·    Mendeskripsikan proses terjadinya bumi
         ·    Mengidentifikasi karakteristik perlapisan bumi
         ·    Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi

V.     Uraian Materi
         ·    Proses terjadinya bumi
         ·    Karakterisitik perlapisan bumi
         ·    Teori lempeng tektonik

VI.   Skenario Pembelajaran
         Pertemuan I
         ·    Guru menguraikan proses terjadinya bumi dan perkembangannya
         ·    Siswa menganalisis cara terjadinya panas bumi dengan mengamati gambar proses terjadinya bumi
         ·    Siswa berdiskusi menyimpulkan perkembangan bentuk bumi dan menyampaikan di depan kelas
         ·    Guru melengkapi hasil diskusi siswa
         ·    Guru menguraikan karakteristik pelapisan bumi yang meliputi bahan-bahan bumi, lapisan-lapisan pusat bumi
         ·    Siswa berdiskusi menyimpulkan susunan bumi
         Pertemuan II
         ·    Guru menguraikan teori lempeng yang meliputi enam lempeng utama di pemukaan bumi, beserta perkembangan keadaan lempeng akibat pergeseran yang tidak sama di permukaan bumi
         ·    Siswa menganalisa gejala-gejala lempeng tektonik kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi

         Pertemuan III
         ·    Guru memberikan pre tes materi sejarah pembentukan bumi
         ·    Siswa merespon secara lisan dan menanyakan materi yang kurang jelas
         ·    Guru mengulas pertanyaan siswa
         ·    Guru memberikan post test secara tertulis materi sejarah pembentukan bumi

VII.  Tempat/Alat/Sumber Belajar
         ·    Tempat              : Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
         ·    Alat                   : Bagan, gambar terjadinya bumi
         ·    Sumber Belajar  : Buku geografi yang relevan,. Majalah, Koran, internet

VIII.      Penilaian
         1.   Jelaskan proses terjadinya panas di bumi dan proses pembentukan bumi!
         2.   Teori apa saja yang menerangkan perkembangan bentuk permukaan bumi? Sebutkan dan jelaskan!
         3.   Bagaimanakah susunan bumi? Uraikan secara jelas!
         4.   Sebutkan enam lempeng utama di permukaan bumi!
         5.   Gambarkan jalur pegunungan pasifik dan jalur pegunungan mediteriania pada kertas gambar dengan ketentuan sebagai berikut:
              »     Sebutkan nama pegunungan dan lokasinya
              »     Beri warna  merah untuk jalur pegunungan pasifik dan warna hijau untuk jalur pegunungan mediterania
              »     Warna kuning untuk busur dalam di Indonesia
              »     Warna coklat untuk busur di luar Indonesia

         Mengetahui,                                                                    Rantau, 14 Juli 2012
       Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran



    Drs. Junaidi                                                                                     Elharis Putra, S.Pd.




































RANCANGAN PEMBELAJARAN

Indentitas
1.    Sekolah                     : SMA PATRA NUSA
2.    Mata Pelajaran        : Geografi
3.    Kelas / Semester      : X/1
4.    Tahun Pelajaran      : 2011/2012
5.    Alokasi waktu          : 2 x 45 menit


I.      Standard Kompetensi
         Memahami sejarah pembentukan bumi

II.     Kompetensi Dasar
         Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya

III.   Materi Pokok
         Tata surya dan jagad raya

IV.   Indikator
         ·    Membuat laporan pengamatan benda-benda langit
         ·    Menganalisis teori terjadinya tata surya dan jagad raya
         ·    Menjelaskan perbedaan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta

V.     Uraian Materi
         Jagad raya dan tata surya meliputi:
         ·    Teori tentang terjadinya jagad raya
         ·    Anggapan-anggapan tentang jada raya dan alam semesta
         ·    Hipotesis tentang terjadinya tata surya
         ·    Sifat, ukuran dan gerakan anggota tata surya

VI.   Skenario Pembelajaran
         Pertemuan I
         ·    Guru menjelaskan secara singkat definisi jagad raya dan teori terjadinya jagad raya
         ·   Siswa menyimpulkan tentang jagad raya dan guru melengkapi dengan anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta dari beberapa ahli
         Pertemuan II
         ·    Guru menjelaskan secara singkat terjadinya tata surya
         ·   Siswa berdiskusi secara berkelompok mengamati dan menggali informasi tentang benda-benda langit yang merupakan anggota dari tata surya melalui media yang tersedia sesuai dengan instruksi guru
         Pertemuan III
         ·    Salah satu kelompk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok yang lain menanggapinya
         ·    Guru mengumpulkan pertanyaan kelompok yang tidak terjawab dan menjelaskannya secara lengkap mengenai sifat, ukuran dan gerakan anggota tata surya

         Pertemuan IV
         ·    Guru memberi pre tes tentang materi tata surya dan jagad raya
         ·    Siswa merespon secara lisan, guru memperhatikan pertanyaan yang tidak terjawab
         ·    Guru mengulas secara singkap materi tata surya dan jagad raya
         ·    Siswa menganalisis dan menyimpulkan teori terjadinya tata surya dan jagad raya sebagai uji post test

VII.  Tempat/Alat/Sumber Belajar
         ·    Tempat              : Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
         ·    Alat                   : Bagan, gambar terjadinya bumi
         ·    Sumber Belajar  : Buku geografi yang relevan,. Majalah, Koran, internet

VIII.      Penilaian
         1.   Jelaskan secara singkat teori terjadinya jagad raya dan tata surya!
         2.   Bagaimana cirri galaksi? Dan sebutkan macamnya!
         3.   Jelaskan beberapa anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam semesta!
         4.   Jelaskan perbedaan istilah berikut:
              »     Planet
              »     Komet
              »     Satelit
              »     Meteorid
              »     Meteorit
              »     Meteor
         5.   Sebutkan empat lapisan penyusun matahari kemudian jelaskan masing-masing sebagai berikut:
              »     Dimanakah berlangsungnya proses pembentukan enegeri?
              »     Manakah yang disebut sebagai atmosfer matahari?
              »     Manakah yang cahayanya dapat dilihat langsung oleh mata telanjang?
              »     Manakah yang disebut bola warna?
      
         Mengetahui,                                                                    Rantau, 14 Juli 2012
       Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran



    Drs. Junaidi                                                          Elharis Putra, S.Pd.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar