PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas : X
Tahun Pelajaran : 2011/2012
A. Jumlah
Minggu Efektif
No
|
Semester
|
Bulan
|
JML
Minggu
Efektif
|
Ket
|
1
|
I
|
Juli
|
||
Agustus
|
||||
September
|
||||
Oktober
|
||||
Nopembeer
|
||||
Desember
|
||||
Januari
|
||||
Jumlah
|
||||
2
|
II
|
Januari
|
||
Februari
|
||||
Maret
|
||||
April
|
||||
Mei
|
||||
Juni
|
||||
Jumlah
|
B. Rincian
Kegiatan
No
|
Semester
|
Bulan
|
JML
Minggu
|
Ket
|
1
|
I
|
Ujian Blok
|
||
Ulangan Harian
|
||||
Penyajian Materi
|
||||
Remidi/Pengayaan
|
||||
Jumlah
|
||||
2
|
II
|
Ujian Blok
|
||
Ulangan Harian
|
||||
Penyajian Materi
|
||||
Jumlah
|
Mengetahui, Rantau,
14 Juli 2012
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Junaidi Elharis Putra, S.Pd
RANCANGAN
PEMBELAJARAN
Indentitas
1. Sekolah :
SMA PATRA NUSA
2. Mata Pelajaran : Geografi
3. Kelas / Semester : X/1
4. Tahun Pelajaran : 2011/2012
5. Alokasi waktu : 2 x 45 menit
I. Standard Kompetensi
Memahami
konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan
konsep geografi
III. Materi Pokok
Konsep
Geografi
IV. Indikator
· Menguraikan
konsep geografi dari berbagai referensi
· Merumuskan
konsep geografi dalam kajian geografi
V. Uraian Materi
· Pengertian
dan batasan geografi
· Ruang
lingkup Geografi
· Ilmu-ilmu
penunjang geografi
· Objek
studi ilmu geografi
· Konsep esensial geografi
VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan I
· Guru
memberikan penjelasan singkat pengertian geografi dari berbagai ahli
· Siswa
menyimpulkan pengertian geografi dari pendapat para ahli (disesuaikan dengan
pendapat Ikatan Geografi Indonesia )
· Guru
menjelaskan ruang lingkup dan objek studi ilmu geografi
· Siswa
mencari ilmu-ilmu penunjang geografi
sesuai dengan ruang lingkup geografi
· Siswa mengklasifikasikan oleh material
geografi dan objek formal geografi
Pertemuan II
· Guru
memberi penjelasan singkat konsep esensial geografi
· Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan konsep geografi dalam kajian geografi
· Siswa
menganalisis dengan memberi contoh konsep-konsep geografi
VII. Tempat/Alat/Sumber Belajar
· Tempat : Ruang kelas, Lingkungan dalam dan
luar sekolah
· Alat :
Bagan konsep geografi
· Sumber : Buku geografi yang relevan, majalah,
Koran, internet
VIII. Penilaian
1. Bagian
definisi geografi menurut ikatan geografi Indonesia ?
2. Sebutkan
ruang lingkup geografi dan berikan masing-masing ilmu penunjangnya!
3. a. Apa yang dimaksud objek material dan objek
formal?
b. Terdiri dari
unsur apa sajakah kedua objek tersebut?
4. Apa yang dimaksud dengan konsep lokasi
geografi?
5. Sebutkan
konsep esensial geografi secara lengkap!
Mengetahui, Rantau,
14 Juli 2012
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Junaidi Elharis Putra, S.Pd.
RANCANGAN
PEMBELAJARAN
Indentitas
1. Sekolah :
SMA PATRA NUSA
2. Mata Pelajaran : Geografi
3. Kelas / Semester : X/1
4. Tahun Pelajaran : 2011/2012
5. Alokasi waktu : 2 x 45 menit
I. Standard Kompetensi
Memahami
konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan
Pendekatan Geografi
III. Materi Pokok
Metode Pendekatan Geografi
IV. Indikator
· Menjelaskan
metode/pendekatan geografi
· Mengaplikasikan
metode/pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena geosfer
V. Uraian Materi
· Metode/pendekatan keruangan (spatial
approach)
· Pendekatan kewilayahan
~ Pendekatan topic
~ Pendekatan aktivitas manusia
~ Pendekatan regional (ecological approach)
VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan I
· Guru menjelasan pendekatan geografi secara
singkat
· Siswa mengkaji pendekatan geografi dengan
konsep esensial geografi
· Guru dan siswa menyimpulkan 3
macam pendekatan geografi
Pertemuan II
· Guru
memberi pre tes tentang materi di minggu sebelumnya
· Siswa
menjawab secara lisan
· Siswa
bertanya kajian pendekatan geografi yang belum dimengerti
· Guru
merespon pertanyaan siswa
· Guru
memberikan post test akhir materi pendekatan geografi
VII. Tempat/Alat/Sumber
Belajar
· Tempat : Ruang kelas, Lingkungan dalam dan
luar sekolah
· Alat : Bagan pendekatan geografi
· Sumber Belajar : Buku geografi yang relevan, majalah, Koran, internet
VIII. Penilaian
1. Meliputi apa saja pendekatan geografi? Sebut dan jelaskan secara
singkat!
2. Jelaskan unsur apa
saja yang terkandung dalam pendekatan ruang!
3. Berikan contoh
pendekatan geografi!
4. Apa yang dimaksud
dengan unsur aksesibilitas?
5. Apa yang dimaksud
dengan pendekatan kompleks wilayah?
Mengetahui, Rantau,
14 Juli 2012
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Junaidi Elharis Putra, S.Pd.
RANCANGAN
PEMBELAJARAN
Indentitas
1. Sekolah :
SMA PATRA NUSA
2. Mata Pelajaran : Geografi
3. Kelas / Semester : X/1
4. Tahun Pelajaran : 2011/2012
5. Alokasi waktu : 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi
Memahami
konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan
Prinsip Geografi
III. Materi Pokok
Prinsip-prinsip
geografi
IV. Indikator
· Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
· Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip
geografi
· Menerapkan prinsip geografi dalam kajian
geosfer
V. Uraian Materi
· Prinsip penyebaran
· Prinsip interelasi
· Prinsip deskripsi
· Prinsip korologi (keruangan)
· Kunci pokok dalam memahami prinsip geografi
VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan I
· Guru menjelasan prinsip-prinsip geografi
· Siswa menyimpulkan perbedaan prinsip-prinsip
geografi
· Secara kelompok siswa berdiskusi contoh
nyata dari prinsip-prinsip geografi
Pertemuan II
· Siswa menyampaikan hasil diskusinya di depan
kelas
· Guru melengkapi hasil diskusi siswa
· Guru memberi penjelasan kunci pokok dalam
memahami geografi
· Guru memberikan pusat post test materi
prinsip geografi
VII. Tempat/Alat/Sumber Belajar
· Tempat :
Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
· Alat :
Bagan prinsip geografi
· Sumber Belajar : Buku geografi yang relevan, majalah, Koran, internet
VIII. Penilaian
1. Jelaskan perbedaan 4 prinsip geografi!
2. Sebutkan 2 kunci pokok dalam memahami prinsip
geografi!
3. Meliputi unsure apa sajakah pengaruh unsur fisik
dalam memahami prinsip geografi?
4. Meliputi unsure apa sajakah pengaruh unsur
topologi dalam memahami prinsip geografi?
5. Berikan penjelasan bahwa pengaruh unsur letak
mempengaruhi kajian geografi!
Mengetahui, Rantau,
14 Juli 2012
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Junaidi Elharis Putra, S.Pd.
RANCANGAN
PEMBELAJARAN
Indentitas
1. Sekolah :
SMA PATRA NUSA
2. Mata Pelajaran : Geografi
3. Kelas / Semester : X/1
4. Tahun Pelajaran : 2011/2012
5. Alokasi waktu : 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi
Memahami
konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
II. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
aspek geografi
III. Materi Pokok
Aspek
geografi
IV. Indikator
· Mendeskripsikan aspek-aspek geografi
· Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan
social geografi
· Memberikan contoh aspek-aspek geografi
dalam kehidupan sehari-hari
V. Uraian Materi
Aspek
geografi yang meliputi:
· Aspek fisik (alamiah) dengan gejala-gejala
alam yang timbul
· Aspek social (kehidupan) dengan segala
interaksi penyebaran maupun relasinya
VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan I
· Guru memberikan penjelasan singkat mengenai
aspek fisik geografi
· Guru mengadakan Tanya jawab mengenai
keadaan alam di lingkungan sekitar siswa
· Siswa merespon pertanyaan guru
· Guru melengkapi jawaban siswa yang kurang
jelas
Pertemuan II
· Guru
memberi pre tes aspek fisik geografi
· Siswa
merespon secara lisan
· Guru
melanjutkan materi aspek social geografi
· Siswa menyimpulkan penjelasan guru
· Guru mengadakan post test materi aspek
geografi
VII. Tempat/Alat/Sumber Belajar
· Tempat :
Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
· Alat :
Bagan prinsip geografi
· Sumber Belajar : Buku geografi yang relevan, majalah, Koran, internet
VIII. Penilaian
1. Terdiri dari apa sajakah aspek geografi?
2. Jelaskan unsur-unsur
aspek alamiah geografi!
3. Jelaskan unsur-unsur
aspek sosial geografi!
4. Berikan contoh unsur-unsur
aspek alamiah!
5. Berikan contoh unsur-unsur
aspek social!
Mengetahui, Rantau, 14 Juli 2012
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Junaidi Elharis Putra, S.Pd.
RANCANGAN
PEMBELAJARAN
Indentitas
1. Sekolah :
SMA PATRA NUSA
2. Mata Pelajaran : Geografi
3. Kelas / Semester : X/1
4. Tahun Pelajaran : 2011/2012
5. Alokasi waktu : 2 x 45 menit
I. Standar Kompetensi
Memahami
sejarah pembentukan bumi
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan
sejarah pembentukan bumi
III. Materi Pokok
Pembentukan
bumi
IV. Indikator
· Mendeskripsikan proses terjadinya bumi
· Mengidentifikasi karakteristik perlapisan
bumi
· Menganalisis
teori lempeng tektonik dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa
bumi
V. Uraian Materi
· Proses terjadinya bumi
· Karakterisitik perlapisan bumi
· Teori lempeng tektonik
VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan I
· Guru menguraikan proses terjadinya bumi dan
perkembangannya
· Siswa
menganalisis cara terjadinya panas bumi dengan mengamati gambar proses
terjadinya bumi
· Siswa
berdiskusi menyimpulkan perkembangan bentuk bumi dan menyampaikan di depan
kelas
· Guru
melengkapi hasil diskusi siswa
· Guru
menguraikan karakteristik pelapisan bumi yang meliputi bahan-bahan bumi,
lapisan-lapisan pusat bumi
· Siswa berdiskusi menyimpulkan susunan bumi
Pertemuan II
· Guru
menguraikan teori lempeng yang meliputi enam lempeng utama di pemukaan bumi,
beserta perkembangan keadaan lempeng akibat pergeseran yang tidak sama di
permukaan bumi
· Siswa
menganalisa gejala-gejala lempeng tektonik kaitannya dengan persebaran gunung api
dan gempa bumi
Pertemuan
III
· Guru memberikan pre tes materi sejarah
pembentukan bumi
· Siswa merespon secara lisan dan menanyakan
materi yang kurang jelas
· Guru mengulas pertanyaan siswa
· Guru memberikan post test secara tertulis
materi sejarah pembentukan bumi
VII. Tempat/Alat/Sumber Belajar
· Tempat :
Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
· Alat :
Bagan, gambar terjadinya bumi
· Sumber Belajar : Buku geografi yang relevan,. Majalah, Koran, internet
VIII. Penilaian
1. Jelaskan proses terjadinya panas di bumi dan
proses pembentukan bumi!
2. Teori
apa saja yang menerangkan perkembangan bentuk permukaan bumi? Sebutkan dan
jelaskan!
3. Bagaimanakah
susunan bumi? Uraikan secara jelas!
4. Sebutkan
enam lempeng utama di permukaan bumi!
5. Gambarkan
jalur pegunungan pasifik dan jalur pegunungan mediteriania pada kertas gambar
dengan ketentuan sebagai berikut:
» Sebutkan nama pegunungan dan lokasinya
» Beri
warna merah untuk jalur pegunungan
pasifik dan warna hijau untuk jalur pegunungan mediterania
» Warna kuning untuk busur dalam di Indonesia
» Warna coklat untuk busur di luar Indonesia
Mengetahui, Rantau,
14 Juli 2012
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Junaidi Elharis Putra, S.Pd.
RANCANGAN
PEMBELAJARAN
Indentitas
1. Sekolah :
SMA PATRA NUSA
2. Mata Pelajaran : Geografi
3. Kelas / Semester : X/1
4. Tahun Pelajaran : 2011/2012
5. Alokasi waktu : 2 x 45 menit
I. Standard Kompetensi
Memahami
sejarah pembentukan bumi
II. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
tata surya dan jagad raya
III. Materi Pokok
Tata
surya dan jagad raya
IV. Indikator
· Membuat laporan pengamatan benda-benda
langit
· Menganalisis teori terjadinya tata surya dan
jagad raya
· Menjelaskan perbedaan anggapan-anggapan
tentang jagad raya dan alam semesta
V. Uraian Materi
Jagad
raya dan tata surya meliputi:
· Teori tentang terjadinya jagad raya
· Anggapan-anggapan tentang jada raya dan alam
semesta
· Hipotesis tentang terjadinya tata surya
· Sifat, ukuran dan gerakan anggota tata surya
VI. Skenario Pembelajaran
Pertemuan I
· Guru menjelaskan secara singkat definisi
jagad raya dan teori terjadinya jagad raya
· Siswa
menyimpulkan tentang jagad raya dan guru melengkapi dengan anggapan-anggapan
tentang jagad raya dan alam semesta dari beberapa ahli
Pertemuan II
· Guru menjelaskan secara singkat terjadinya
tata surya
· Siswa
berdiskusi secara berkelompok mengamati dan menggali informasi tentang
benda-benda langit yang merupakan anggota dari tata surya melalui media yang
tersedia sesuai dengan instruksi guru
Pertemuan III
· Salah
satu kelompk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok yang lain
menanggapinya
· Guru
mengumpulkan pertanyaan kelompok yang tidak terjawab dan menjelaskannya secara
lengkap mengenai sifat, ukuran dan gerakan anggota tata surya
Pertemuan IV
· Guru
memberi pre tes tentang materi tata surya dan jagad raya
· Siswa
merespon secara lisan, guru memperhatikan pertanyaan yang tidak terjawab
· Guru mengulas secara singkap materi tata
surya dan jagad raya
· Siswa
menganalisis dan menyimpulkan teori terjadinya tata surya dan jagad raya
sebagai uji post test
VII. Tempat/Alat/Sumber Belajar
· Tempat :
Ruang kelas, Lingkungan dalam dan luar sekolah
· Alat :
Bagan, gambar terjadinya bumi
· Sumber Belajar : Buku geografi yang relevan,. Majalah, Koran, internet
VIII. Penilaian
1. Jelaskan secara singkat teori terjadinya
jagad raya dan tata surya!
2. Bagaimana cirri galaksi? Dan sebutkan macamnya!
3. Jelaskan beberapa anggapan-anggapan tentang
jagad raya dan alam semesta!
4. Jelaskan perbedaan istilah berikut:
» Planet
» Komet
» Satelit
» Meteorid
» Meteorit
» Meteor
5. Sebutkan
empat lapisan penyusun matahari kemudian jelaskan masing-masing sebagai
berikut:
» Dimanakah berlangsungnya proses pembentukan
enegeri?
» Manakah yang disebut sebagai atmosfer
matahari?
» Manakah yang cahayanya dapat dilihat
langsung oleh mata telanjang?
» Manakah yang disebut bola warna?
Mengetahui, Rantau,
14 Juli 2012
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Junaidi Elharis Putra, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar