S I L A B U S
Nama Sekolah :
SMA Negeri Jakarta
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Jurusan :
X
Semester :
1 (satu)
Alokasi Waktu :
18 x 45 menit
Standar Kompetensi :
1. Memahami konsep, pendekatan, prinsip dan aspek geografi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
1.1.
Menjelaskan konsep geografi
|
·
Konsep geografi
|
·
Menguraikan konsep geografi dari berbagai
referensi
·
Merumuskan konsep geografi dalam kajian geografii
|
·
Mengungkapkan kembali konsep dasar
geografi dari bahan-bahan referensi
secara mandiri
·
Secara berkelompok
Menyimpulkan
konsep-konsep
geografi
·
Presentasi hasil diskusi
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
Uraian berstruktur
|
2 x 45
|
Sumber :
1. Bintarto, R. dan
Surastopo
H.(1991), Metode
Analisa
Geografi
Jakarta,
LP3ES
2. Nursid Sumaatmadja,
(1998) Studi Geografi, Bandung, Alumni.
|
1.2.Menjelaskan
pendekatan
geografi
|
·
Metode/pendekatan geografi
1)
Metode/pendekatan keruangan (spatial approach)n
2)
Pendekatan kewilayahan
- Pendekatan topik
- Pendekatan aktivitas manusia
- Pendekatan regional
3)
Pendekatan ekologi (ecological approach)
|
·
Menjelaskan metode/pendekatan geografi
·
Mengaplikasikan metode/pendekatan geografi dalam
mengkaji fenomena geosfer
|
·
Menggali informasi tentang metode/pendekatan
geografi dari bahan-bahan referensi
·
Secara berkelompok membuat laporan tentang masalah
di kota Bandung dari ketiga pendekatan geografi
·
Presentasi
hasil diskusi
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
Uraian berstruktur
|
2 x 45
|
Sumber :
1. Bintarto, R. dan
Surastopo
H.(1991), Metode
Analisa
Geografi
Jakarta,
LP3ES
2. Nursid Sumaatmadja,
(1998) Studi Geografi,
Bandung,
Alumni
Sumber/alat: Gambar/chart geosfer .
|
1.3. Menjelaskan
prinsip geografi
|
·
Prinsip-prinsip
Geografi
-
Prinsip penyebaran
-
Prinsip interelasi
-
Prinsip deskripsi
-
Prinsip korologi (keruangan)
|
·
Mengidentifikasi prinsip-prinsip geografi
·
Menjelaskan perbedaan prinsip-prinsip geografi
·
Menerapkan prinsip geogarfi dalam kajian geosfer
|
·
Secara individu, mengungkapkan kembali
prinsip-prinsip geografi dari berbagai referensi
·
Secara kelompok, mengamati gambar fenomena geosfer
·
Secara berkelompok, menganalisis tentang tanah
longsor di Kabupaten Sinjai – Sulawesi dikaji dari keempat prinsip geografi
·
Presentasi hasil diskusi
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
Uraian berstruktur
|
2 x 45
|
Sumber:
Nursid
Sumaatmadja, (1998) Studi Geografi,
Bandung, Alumni.
Sumber/alat: Gambar/chart geosfer
|
1.4.Mendeskripsikan
aspek
geografi
|
·
Aspek geografi
-
Aspek fisik (alamiah) : gejala - gejala alam yang
timbul
-
Aspek sosial (kehidupan) dengan segala interaksi,
penyebaran maupun relasinya.
|
·
Mendeskripsikan
aspek - aspek geografi
·
Menjelaskan perbedaan aspek fisik dan aspek sosial
geografi
·
Memberikan contoh aspek - aspek geografi dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Mengungkapkan kembali aspek geografi dari kajian
berbagai referensi
·
Secara kelompok, mengamati gambar tentang aspek fisik dan sosial geografi
·
Secara individu membuat laporan pengamatan
tentang aspek fisik dan sosial di lingkungan daerah
sekitar
|
Jenis tagihan:
Tugas Individu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan pengamatan
Uraian berstruktur
|
2 x 45
|
Sumber: Nursid Sumaatmadja, (1998)Studi Geografi, Bandung, Alumni
Sumber/alat: Gambar/chart geosfer
|
Standar Kompetensi : 2. Memahami sejarah
pembentukan bumi
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.1. Mendeskripsikan
tata surya dan
jagad raya
2.2. Menjelaskan
sejarah
pemben- tukan bumi
|
·
Tata Surya dan Jagad Raya
1)
Hipotesis tentang terjadinya tata surya
2)
Teori tentang terjadinya jagad raya
3)
Anggapan-anggapan tentang jagad raya dan alam
semesta
·
Proses terjadinya bumi
·
Karakteristik perlapisan bumi
·
Teori lempeng tektonik
|
·
Membuat laporan pengamatan benda-benda langit
·
Menganalisis teori terjadinya tata surya dan
jagad raya
·
Menjelaskan perbedaan anggapan – anggapan tentang
jagad raya dan alam semesta
·
Mendeskripsikan proses terjadinya bumi
· Mengidentifikasi karakteristik perlapisan bumi
·
Menganalisis teori lempeng tektonik dan kaitannya
dengan persebaran gunung api dan gempa bumi
|
·
Secara individu, mengamati benda-benda langit
pada malam hari di cakrawala
·
Secara kelompok , diskusi tentang teori – teori
terjadinya tata surya dan jagad raya
·
Secara kelompok, diskusi tentang anggapan
–anggapan jagad raya dan alam semesta
·
Mengungkapkan kembali tentang proses terjadinya
bumi dari beberapa referensi yang dikaji
·
Secara individu, mengkaji referensi tentang
karakteristik perlapisan bumi
·
Secara kelompok, diskusi tentang lempeng tektonik
dan kaitannya dengan
persebaran gunung api serta gempa bumi
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
Uraian berstruktur
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
Uraian berstruktur
|
5 x 45
5 x 45
|
Sumber::
Katili J.A. dan
P. Mark (1974) Geologi, Jakarta:
Departemen Urusan Research Nasional
Bahan/Alat :
Kliping , CD pembelajaran,
model-model patahan dan liptan kulit bumi
Chart/gambar struktur
perlapisan bumi
|
S I L A B U S
Nama Sekolah :
SMA Negeri Jakarta
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Jurusan :
X
Semester :
2 (dua)
Alokasi Waktu :
18 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis
unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
||||||||||||
3.1.
Menganalisis dinamika dan kecenderungan perubahan
lithosfer dan pedosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
|
·
Lithosfer
1.Struktur lapisan kulit bumi
2. Tenaga endogen
1.1.
Tektonisme
1.2. Vulkanisme
1.3. Seisme
3. Tenaga eksogen
2.1. Pelapukan
2.2. Pengikisan
2.3. Pengendapan
· Pedosfer
1)
Proses pembentukan
tanah
2) Jenis dan
ciri tanah di
Indonesia
3)
Erosi tanah
4)
Penyebab
5)
Mengurangi dan mencegah kerusakan tanah
|
·
Mengidentifikasi jenis – jenis batuan pembentuk lapisan kulit bumi
·
Membuat laporan tentang slenk Semangko
·
Menunjukkan bentuk – bentuk intrusi magma
·
Mendeskripsikan tentang erupsi,
tipe letusan dan bahan yang dikeluarkan gunung Merapi
·
Memaparkan tentang proses
terjadinya gempa bumi (tsunami)
·
Mendeskripsikan pengaruh tenaga eksogen terhadap bentuk rupa bumi
·
Membedakan jenis – jenis pelapukan
·
Mengidentifikasi jenis – jenis pengikisan berdasarkan pelaku utama yang
berbeda
·
Mengklasifikasi jenis – jenis pengendapan berdasarkan tenaga
pengangkutnya
·
Menjelaskan proses pembentukan tanah di Indonesia
·
Mengidentifikasi faktor – faktor penyebab terjadinya erosi cara – cara
penanggulangannya erosi
·
Menunjukkan jenis dan persebaran tanah pada peta Indonesia
·
Mengklasifikasi jenis tanah berdasarkan kesuburannya
·
Menganalisis proses terjadinya erosi di lingkungan sekitarnya
·
Menganalisis penyebab terjadinya erosi tanah dan kerusakan tanah yang
lain serta dampaknya terhadap kehidupan
·
Mengidentikasi usaha untuk mengurangi terjadinya erosi
|
·
Mengamati gambar / model jenis
batuan pembentuk lapisan
kulit bumi
·
Secara individu, mengamati patahan / slenk Semangko dari berbagai media
pembelajaran
·
Secara individu, mengamati gambar struktur intrusi magma
·
Secara kelompok, diskusi tentang erupsi, tipe letusan, bahan yang
dikeluarkan Gunung Merapi di kawasan
Yogyakarta dari berbagai media massa (internet)
·
Secara individu, membuat laporan
dari media massa tentang gempa
bumi (tsunami) di Nangro Aceh Darusalam
·
Secara kelompok, mengamati gambar/ film rupa bumi sebagai akibat proses
pelapukan, pengikisan dan pengendapan
·
Membaca referensi tentang proses pembentukan tanah tanah di Indonesia
·
Secara kelompok, mengidentifikasi jenis tanah pada peta (persebaran jenis
tanah) Indonesia
·
Secara kelompok mengklasifikasi jenis tanah menurut kesuburannya dari
berbagai referensi
·
Secara kelompok, mengamati proses terjadinya erosi di Daerah Aliran Sungai ( Contoh di
Jawa Tengah: Sungai Bengawan Solo)
·
Secara kelompok, diskusi tentang penyebab terjadinya erosi di Daerah Aliran Sungai (Contoh: di
Jawa Tengah : Bengawan Solo)
·
Secara kelompok, diskusi tentang upaya
penanggulangan erosi di Daerah Aliran Sungai (Contoh: di Jawa Tengah :
Bengawan Solo)
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok, unjuk kerja, ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
Uraian
berstruktur
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok, unjuk kerja, ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
Uraian
berstruktu
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Unjuk
kerja, Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
rangkuman
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Unjuk
kerja, Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
rangkuman
|
3 x 45
2 x 45
|
Sumber :
Katili,
J.A. dan P. Mark (1974) Geologi, Jakarta:
Departemen Urusan Research Nasional
|
||||||||||||
3.2. Menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
3.3.Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
|
·
A t m o s f e r
1)
Ciri-ciri lapisan atmosfer
2)
Unsur-unsur cuaca
3)
Persebaran hujan di Indonesia
4)
Berbagai klasifikasi iklim
5)
Pemanasan global (El Nino dan La Nino)
·
Hidrosfer
1)
Siklus hidrologi
2)
Perairan darat
-
Air tanah
-
Sungai dan Daerah Aliran Sungai (DAS)
-
Danau
-
Rawa
3)
Perairan laut
-
Zona pesisir dan laut
-
Klasifikasi laut
-
Morfologi laut
-
Gerakan air laut
-
Kualitas air
|
· Mengungkapkan kembali
ciri-ciri lapisan atmosfer dan
pemanfaataannya
·
Menganalisis dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim
(penyinaran, suhu, angin,
awan kelembaban, curah hujan)
·
Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyinaran matahari
·
Membuat laporan tentang pengukuran suhu udara, tekanan udara kelembaban udara, kecepatan angin
·
Menghitung kelembaban udara
·
Menyajikan informasi tentang persebaran curah
hujan di Indonesia
·
Mengklasifikasikan berbagai
tipe iklim
·
Mengidentifikasi dasar-dasar pembagian iklim dari berbagai pakar
·
Menunjukkan pada peta dunia, persebaran negara – negara dan jenis iklimnya
·
Menentukan jenis iklim berdasarkan tipe
iklim Schmidt – Ferguson
·
Mengidentifikasi faktor-faktor terjadinya
pemanasan global (El Nino dan La Nino)
·
Mengidentifikasi unsur – unsur utama siklus hidrologi
·
Mengidentifikasi berbagai jenis perairan darat
·
Menentukan jenis air tanah berdasar letaknya Mengidentifikasi ciri-ciri
sungai menurut profil memanjang.
·
Mengklasifikasi jenis-jenis pola aliran sungai.
·
Mendeskripsikan Daerah Aliran Sungai (DAS)
·
Menganalisis faktor penyebab
kerusakan Daerah Aliran Sungai
(DAS)
·
Merumuskan upaya-upaya pelestarian Daerah Aliran Sungai
·
Mendeskripsikan proses terjadinya Danau Sentani di Papua
·
Mendeskripsikan manfaat rawa bagi kehidupan
·
Menjelaskan perbedaan pantai dan pesisir
·
Menjelaskan perbedaan proses terjadinya dangkalan Sunda dan Dangkalan
Sahul
·
Mengklasifikasi jenis-jenis laut berdasarkan letak , kedalaman dan
wilayah kekuasaan
·
Menunjukkan bentuk – bentuk morfologi laut
·
Mengidentifikasi faktor – faktor penyebab terjadinya gelombang
·
Menunjukkan pada peta dunia letak arus – arus laut dunia
·
Menjelaskan perbedaan pasang naik dan pasang surut
·
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perbedaan perbedaan kadar garam
(salinitas ) air laut
·
Mengidentifikasi faktor – faktor yang menyebabkan perbedaan warna air
laut
|
·
Mengidentifikasi ciri – ciri lapisan atmosfer dan pemanfaatannya melalui
gambar struktur lapisan atmosfer.
·
Mengamati dinamika unsur-unsur cuaca dan iklim (penyinaran, suhu, angin,
awan, kelembaban serta curah hujan) di sekiar sekolah
·
Mengamati perbedaan penyinaran
matahari pada pagi dan siang hari dilingkungan sekolah
·
Mengukur suhu udara, tekanan udara
kelembaban udara, kecepatan angin, dengan menggunakan alat atau
instrumen cuaca dilingkungan sekolah
·
Menghitung kelembaban udara yang datanya hasil dari pengamatan.
·
Mencari data persebaran curah hujan di
Indonesia dari berbagai sunber
·
Membuat tabel atau grafik persebaran curah hujan di Indonesia.
·
Mengklasifikasi tipe - tipe iklim
dari berbagai referensi
·
Mengidentifikasi dasar-dasar pembagian iklim dari berbagai pakar dari
berbagai referensi
·
Secara kelompok pada peta, mengidentifikasi negara-negara yang beriklim
tropis, subtropis, dan dingin
·
Secara individu, Menghitung nilai rasio Q dari data curah hujan yang
tersaji dalam LKS
·
Secara individu, Menentukan tipe iklim Koppen dari data curah hujan yang
tersaji dalam LKS
·
Secara kelompok, mengidentifikasi faktor-faktor terjadinya pemanasan global (El Nino dan La Nino)
·
Secara individu, membuat kliping tentang perubahan iklim global lengkap dengan rangkuman, tanggapan
serta sumber kliping
·
Secara individu, mengidentifikasi unsur
utama siklus hidrologi dari berbagai referensi
·
Menggambar bagan siklus hidrologi
·
Membaca referensi tentang berbagai jenis perairan darat
·
Secara kelompok, diskusi Menentukan jenis air tanah berdasarkan letaknya dari struktur lapisan air tanah
·
Mengamati ciri-ciri sungai menurut
profil memanjang di daerah aliran sungai lingkungan sekitar
·
Mengamati gambar pola aliran Sungai Musi
·
Secara individu, merumuskan pengertian DAS
·
Secara individu, merumuskan penyebab rusaknya DAS
·
Diskusi tentang upaya pelestarian DAS
·
Mendiskusikan proses terjadinya
danau Sentani
·
Mengungkapakn kembali tentang pantai, pesisir ,
gisikbeach) dari berbagai referensi
·
Secara kelompok, diskusi tentang proses
terjadinya Dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul
·
Melalui peragaan peta, menunjukkan laut berdasarkan letak, kedalaman
dan wilayah kekuasaan suatu negara
·
Melalui bagan morfologi laut, menganalisa morfologi laut
·
Secara kelompok, mendiskusikan faktor-faktor
penyebab terjadinya gelombang
·
Secara individu,
membuat peta arus laut dunia
·
Secara individu, menggambarkan kedudukan bulan,
bumi dan matahari yang dapat menyebabkan pasang naik dan surut air laut
·
Secara kelom,pok, mengidentifikasi faktor
penyebab perbedaan kadar garam (salinitas)air laut
·
Secara kelompok, diskusi tentang faktor yang
menyebabkan perbedaan air lautdanau Sentani
di Papua.
|
·
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok Unjuk kerja Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan Rangkuman
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok, unjuk kerja, ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
rangkuman
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok, unjuk kerja, ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan rangkuman
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok, unjuk kerja, ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan rangkuman
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok, Unjuk kerja Ulangan
Bentuk tagihan:
Laporan
rangkuman
|
3 x 45
2 x 45
1 x 45
4 x 45
3 x 45
|
Sumber:
- Rafii,
Suryana,
Meteorologi dan
Klimatologi, Jakarta,
Universitas Terbuka.
-
Daldjoeni, N. Pokok –
pokok
Klimatologi,
Bandung, Alumni.
Bahan/alat:
Gambar-gambar
(chart)tentang pemanasan global
Instrumen
/ alat meteorologi / klimatologi sederahana
Peta,
atlas, dll
Sumber:
Suyono,
Sosrodarsono (1990) Hidrologi Untuk
Pengairan. Jakarta: Pradnya Paramita.
Linsley,
RK, Kohler dan Joseph Paulus (1989). Hidrologi
Untuk Insinyur. Jakarta , Erlangga.
S.
Hamilton dan Peter N. King (1992) Daerah
Aliran Sungai, Yogyakarta, Gadjah Mada University Press
Bahan/alat:
Chart
(gambar-gambar)
Kliping
- kliping
Film
CD
pembelajaran interaktif
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Geografi
Kelas/Jurusan : XI /IPS
Semester :
1 (satu)
Alokasi
Waktu : 54 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis
fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
1.1
Menjelaskan penge rtian
fenomena biosfer
|
·
Pengertian fenomena biosfer
·
Faktor-faktor yang berpe-ngaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
|
·
Mendeskripsikan pengertian fenomena geosfer
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora
dan fauna.
|
·
Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer dari bahan referensi
secara individu
·
Secara kelompok, diskusi tentang Faktor-faktor
yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
|
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Bentuk tagihan:
Laporan
kerja kelompok
Laporan
kerja individu
|
2 x 45
|
Sumber:
Polunin, Nicholas (1990).Pengantar Geografi Tumbuhan. Yogyakarta: Gajah Mada University
Press
Bahan/Alat: Gambar –gambar tentang
biosfer (kliping)
CDpembelajaran(interaktif) biosfer
|
1.2.Menganalisis
sebaran
hewan dan tumbuhan
|
·
Sebaran hewan dan tumbuhan dunia
·
Hewan dan tumbuhan di Indonesia
·
Dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap kehidupan
|
·
Mengidentifikasi
sebaran hewan
dan tumbuhan di
permukaan bumi
·
Menganalisis persebaran hewan
dan tumbuhan di Indonesia
·
Menjelaskan hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik
·
Membuat laboran tentang dampak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap
keberadaan kehidupan
|
·
Membuat peta persenaran hewan dan tumbuhan dunia pada peta
·
Mengamati peta sebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi
·
Mengamati peta sebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia
·
Secara kelompok, mendeskripsikan
hubungan sebaran hewan dan tumbuhan dengan kondisi fisik lingkungannya
·
Secara individu, membuat peta persebaran hewan dan tumbuhan di
Indonesia
dan dunia
· Mengkaji danpak kerusakan hewan dan tumbuhan terhadap
kehidupan dari berbagai literatur
|
Jenis tagihan:
Tugas
individu
Tugas
kelompok
Unjuk
kerja
Bentuk tagihan:
Laporan
kerja kelompok
Laporan
kerja individu ( peta )
|
12 x 45
|
Sumber: Polunin, Nicholas (1990).Pengantar Geografi Tumbuhan. Yogyakarta: Gajah Mada University
Press
Bahan/Alat:: Gambar –gambar tentang
biosfer (kliping)
CD pembelajaran(interaktif) biosfer
|
1.3.Menjelaskan
pengertian
fenomena
antroposfer
|
· Antroposfer
1)
Kuantitas penduduk
-
Komposisi penduduk
menurut umur
-
Komposisi penduduk
menurut jenis kelamin
2)
Kualitas penduduk
-
Tingkat pendidikan
-
Tingkat kesehatan
|
·
Menganalisis komposisi penduduk berdasarkan umur dan jenis kelamin
·
Mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT
·
Mengelompokkan data kependudukan (4 RT),
berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin
·
Menghitung menghitung sex
ratio dan dependency ratio
·
Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk berdasar tingkat
pendidikan dan kesehatan
|
·
Secara individu, mencatat dan mengumpulkan data kependudukan dari RT
masing – masing
·
Mengelompokkan data kependudukan (4 RT), berdasarkan kelompok umur dan
jenis kelamin
·
Secara kelompok, menghitung sex ratio dan dependency
ratio
·
Secara individu , Mengidentifikasi tinggi rendahnya kualitas penduduk
berdasar tingkat pendidikan dan kesehatan dari hasil pencatatan data
dilapangan
|
Jenis
tagihan: Tugas individu
Tugas
kelompok
Bentuk tagihan:
Laporan
individu dan kelompok
|
10 x 45
|
Sumber: Suryani, Moch (1987). Lingkungan , sumberdaya alam dan kependudukan dalam pembangunan,
Yakarta, UI Press
Bahan/alat::
Gambar-gambar
(chart)
Model
Monografi Kelurahan
|
1.4.Menganalisis
aspek
kependudukan
|
·
Aspek kependudukan
1)
Natalitas
2)
Mortalitas
3)
Migrasi
|
·
Menghitung tingkat kelahiran penduduk
·
Menghitung tingkat kematian penduduk
·
Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
·
Menghitung proyeksi penduduk suatu wilayah
·
Menyajikan informasi kependudukan melalui peta tabel dan grafik/diagram
·
Membedakan antara migrasi ekstern dan migrasi intern
|
·
Menghitung tingkat kelahiran penduduk dari data hasil pencatatan dilapangan
·
Menghitung tingkat kematian penduduk dari data hasil pencatatan dilapangan
·
Menghitung pertumbuhan penduduk satu wilayah yang datanya tersaji di LKS
·
Menghitung proyeksi penduduk statu wilayah yang datanya tersaji dalam LKS
·
Secara berkelompok membuat peta penyebaran penduduk , tabel penduduk dan
grafik penduduk yang datanya tersaji dalam LKS
·
Secara kelompok, mengidentifikasi factor pendorong dan penarik terjadinya
urbanisasi masyarakat Wonogiri dari beberapa referensi
|
Jenis tagihan: ulangan
Tugas individu
Bentuk Instrumen: Uraian
berstruktur
|
10 x 45
|
Sumber
:Daldjoeni
(1997) , Masalah Kependudukan dalam
Falta dan Angka. Bandung, Alumni
|
Stándar Kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.1.Menjelaskan pengertian
sumberdaya
alam
|
·
Sumberdaya alam
|
·
Merumuskan pengertian sumberdaya alam
|
·
Mengungkapkan kembali pengertian sumberdaya alam dari beberapa referensi
secara individu
|
Jenis tagihan: tugas individu
Ulangan
Bentuk Tagihan: laporan kerja
mandiri
|
2 x 45
|
Katili, JA.(1983) Sumberdaya
alam untuk pembangunan nasional. Jakarta: Ghalia Indonesia
|
2.2. Mengidentifikasi
jenis-
jenis sumberdaya alam
|
·
Jenis sumberdaya alam
·
Pengelolaan sumberdaya alam
|
·
Menganalisis potensi sumberdaya alam
·
Secara kelompok, diskusi tentang pengelolaan sumberdaya yang berwawasan
lingkungan
|
·
Mengungkapkan kembali jenis-jenis sumberdaya alam dari beberapa referensi
secara individu
·
Mengamati peta persebaran
sumberdaya alam
Indonesia pada
peta
|
Jenis tagihan: tugas individu
Tugas kelompok
Bentuk
instrumen: laporan
|
8 x 45
|
|
2.3.
Menjelaskan pemanfaatan sumberdaya alam secara arif
|
·
Pemanfaatan sumberdaya alam
·
Prinsip ekoefisiensi
·
Sumberdaya alam pembangunan berrkelanjutan
·
Sumberdaya alam dan pembangunan berwawasan
lingkungan
·
Sumberdaya alam dan pembangunan berwawasan lingkungan
|
·
Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan
·
Menguraikan pemanfaatan
sumberdaya alam berdasarkan prinsip
ekoefisiensi
·
Memberikan contoh pemanfaatan sumberdaya alam berdasarkan prinsip ekoefisiensi
·
Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan
·
Merumuskan konsep, pembangunan berwawasan lingkungan
·
Mengidentifikasi ciri-ciri konsep pembangunan berwawasan lingkungan
·
Merumsukan konsep pengelolaan sumberdaya alam berwawasan lingkungan
·
Mengidentifikasi ciri – ciri pengelolaan sumberdaya alam berwawasan
lingkungan
|
·
Secara kelompok, mengidentifikasi contoh pemanfaatan sumberdaya alam berdasarkan
prinsip ekoefisiensi
·
Dengan melakukan kajian dari berbagai literatur, dapat merumuskan
pengertian pembangunan berkelanjutan
·
Dengan melakukan kajian terhadap literatur, dapat membuat pengertian
pembangunan berwawasan lingkungan
·
Secara kelompok, berdiskusi tentang pengelolaan sumberdaya alam
berwawasan lingkungan
|
Jenis tagihan: tugas kelompok
Bentuk instrumen: laporan
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas Kelompok
Bentuk tagihan:
Laporan individu
Laporan kelompok
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas Kelompok
Bentuk tagihan:
Laporan individu
Laporan kelompok
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas Kelompok
Bentuk tagihan:
Laporan individu
Laporan kelompok
|
4 x 45
2 x 45
2 x 45
2 x 45
|
Soemarwoto, Otto (1982), Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan.Jakarta
Djambatan
Zen, M.T.(1981) Menuju
Kelestarian Lingkungan Hidup, Yayasan Obor Indonesia dan Institut
Teknologi Bandung
F, Dasmann Raymond (1977), Prinsip Ekologi Untuk
Pembangunan Ekonomi, Yayasan Obor dan Lembaga Ekologi Universitas
Padjadjaran, Bandung
Bahan/alat:
Chart/gambar-gambar
CD interaktif pembelajaran
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Geografi
Kelas/Jurusan : XI /IPS
Semester :
2 (dua)
Alokasi
Waktu : 54 x 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis
pemanfaatan dan pelestarian lingkungan
hidup
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
3.1.Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam
kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
·
Pemanfaatan lingkungan hidup dan
pembangunan berkelanjutan
-
Pengertian lingkungan
-
Komponen ekosistem
-
Lingkungan hidup sebagai sumberdaya
-
Pembangunan
-
Pembangunan berkelanjutan
-
Manfaat dan resiko lingkungan hidup dalam pembangunan
|
·
Merumuskan pengertian lingkungan hidup
·
Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
·
Menjelaskan pengertian pembangunan
·
Merumuskan konsep pembangunan
·
Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
·
Memberi contoh tindakan – tindakan yang mencerminkan pemanfaatan
lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·
Mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan
berkelanjutan dari berbagai sumber referensi
·
Mendeskripsikan manfaat dan resiko lingkungan lingkungan hidup dalam
pembangunan
|
·
Mengungkapkan kembali pengertian lingkungan dari berbagai ferensi
·
Mengidentifikasi komponen – komponen ekosistem
·
Secara kelompok merumuskan konsep pembangunan
·
Secara kelompok, merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari
berbagai referensi
·
Secara kelompok, diskusi tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan
pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
·
Secara kelompok mengidentifikasi pemanfaatan lingkungan hidup dan
pembangunan berkelanjutan dari berbagai sumber referensi
·
Secara kelompok, diskusi tentang manfaat
dan resiko lingkungan lingkungan hidup dalam pembangunan dari berbagai
media massa
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk Tagihan:
Laporan kerja mandir
Urain berstruktur
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk Tagihan:
Laporan kerja mandir
Urain
berstruktur
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk Tagihan:
Laporan kerja mandir
Urain
berstruktur
|
7 x 45
15 x 45
14 x 45
|
Katili, JA.(1983) Sumberdaya
alam untuk pembangunan nasional. Jakarta: Ghalia Indonesia
Bahan/alat:
Gambar tentang kerusakan lingkungan
|
3.2.Menganalisis
pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
|
·
Pelestarian lingkungan hidup
·
Pembangunan berkelanjutan
·
Pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
|
·
Merumuskan kosep pelestarian lingkungan hidup
·
Menjelaskan pengertian pembangunan berkelanjutan
·
Memberi contoh tindakan – tindakan yang mencerminkan pelestarian
lingkungan hidup dalam kaitannya
dengan pembangunan berkelanjutan
|
·
Secara kelompok, merumuskan konsep pelestarian lingkungan hidup dari
berbagai referensi
·
Secara kelompok, merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari
berbagai referensi
·Mengungkapkan kembali hubungan pelestarian lingkungan
hidup dengan pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi secara
individu
·Secara individu, membuat kliping(dilengkapi dengan rangkuman
dan tanggapan juga sumber) tentang peletarian lingkungan dan pembangunan
berkelanjutan
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Laporan
Jenis tagihan:
Tugas individu
Bentuk instrumen:
Laporan
|
10 x 45
8 x 45
|
Soemarwoto, Otto (1982), Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berwawasan Lingkungan.Jakarta
Djambatan
|
SILABUS
Nama Sekolah :
SMA
Kelas/Jurusan
: XII /
IPS
Semeste r : 1
Alokasi waktu
: 54 x 45 menit
Standar Kompetensi
: 1. Mempraktikkan keterampilan dasar
peta dan pemetaan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
1.1. Mendeskripsikan
prinsip-prinsip dasar peta dan
pemetaan
|
·
Komponen peta.
·
Prinsip dasar peta dan pemetaan
|
·
Menunjukkan komponen-komponen peta
·
Membuat peta wilayah pada bidang datar.
|
·
Secara individu, mengidentifikasi komponen peta pada atlas
·
Secara kelompok, diskusi tentang penggambaran satu wilayah pada globe ke
bidang datar.
·
Secara kelompok membuat peta satu wilayah dari globe ke bidang datar.
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk Tagihan:
Laporan
Uraian berstruktur
|
4 x 45
|
Sumber:Aryono Prihandito, (1989). Kartografi. Yogyakarta:
Mitra Gama Widya
Bahan/alat:
Atlas
Globe
Denah
|
1.2. Mempraktikkan
keterampilan
dasar peta dan
pemetaan
1.3. Menganalisis lokasi industri dan pertanian dengan
pemanfaatan peta
|
·
Membuat peta lingkungan sekitar/sekolah
·
Menentukan lokasi industri dan pertanian
|
·
Membuat laporan data hasil pengukuran
·
Merumuskan data hasil pengukuran
·
Membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan
·
Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi industri
·
Mengidentifikasi manfaat peta dalam menganalisis lokasi pertanian
·
Membuat laporan diskusi tentang pemanfaatan peta dalam menganalisis
lokasi industri dan pertanian.
·
|
·
Secara kelompok, mengukur lokasi
sekolah/ lingkungan dengan bantuan kompas, meteran dan busur
·
Secara kelompok mengolah data hasil pengukuran lokasi sekolah /
lingkungan
·
Secara kelompok, membuat peta hasil pengukuran langsung di lapangan
·
Secara kelompok, mendiskusikan manfaat peta dalam menganalisis lokasi
industri
·
Secara kelompok, mendiskusikan manfaat peta dalam menganalisis lokasi
pertanian
·
Secara kelompok membuat laporan tentang pemanfaat peta dalam menganalisis
lokasi industri dan pertanian.
|
Jenis tagihan :
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Jenis tagihan :
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur berstruktur
|
16 x 45
6 x 45
|
Sumber :
Aryono Prihandito, (1989). Kartografi. Yogyakarta:
Mitra Gama Widya
Bahan/alat:
Atlas
Globe
Denah
Kompas
Meteran
|
Standar Kompetensi
: 2. Memahami pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografi
(SIG)
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Pengalaman Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
2.1. Menjelaskan pemanfaatan citra penginderaan jauh
|
·
Pengertian penginderaan jauh
·
Mengidentifikasi unsur – unsur citra penginderaan jauh
·
Pemanfaatan citra penginderaan jauh
|
·
Menjelaskan pengertian penginderaan jauh
·
Membedakan unsur – unsur citra penginderaan jauh
·
Mengidentifikasi pemanfaatan citra penginderaan jauh
·
Membuat laporan (kliping) tentang
pemanfaatan citra penginderaan jauh dalam kasus tanah longsor di Trenggalek
|
·
Mengungkapakn kembali pengertian penginderaan jauh dari beberapa referensi
secara mandiiri
·
Secara kelompok, mengamati unsur-unsur citra penginderaan jauh dari citra yang
tersedia
·
Secara kelompok, mengidentifikasi
manfaat citra penginderaan jauh
·
Membuat kliping tentang pemanfaatan citra penginderaan jauh
dalam kasus tanah longsor di Trenggalek
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk Tagihan:
Laporan
Uraian berstruktur
|
6 x 45
|
|
2.2. Menjelaskan pemanfaatan Sistem Informasi Geografi
|
·
Merumuskan konsep dasar dan kmponen SIG
·
Tahapan kerja SIG
·
Pengoperasian SIG secara konvensional
·
Penerapan SIG dalam kajian
geografi
·
Manfaat SIG dalam kajian geografi
|
·
Merumuskan konsep dasar SIG
·
Mengidentifikasi komponen – komponen SIG
·
Melakukan tahapan kerja SIG
·
Memberi contoh meng-overlaykan peta transparansi
·
Mengaplikasikan SIG dalam menentukan lokasi usaha warnet/foto copy
·
Mengidentifikasi beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi
|
·
Mengungkapkan konsep dasar SIG
·
Secara kelompok mengidentifikasi komponen SIG
·
Menentukan tahapan – tahapan dalam urutan kerja SIG
·
Secara kelompok, melakukan observasi ke kalurahan terdekat tentang
kependudukan
·
Secara kelompok mengolah data hasil observasi dalam bentuk grafik batang
·
Secara kelompok membuat peta dasar kalurahan tertentu.
·
Secara kelompok membuat peta tematik tentang sex rasio, densitas
penduduk, tingkat pendidikan, mata pencaharian.
·
Melakukan kegiatan meng-overlaykan tranparansi peta
·
Secara kelompok, menyimpulkan hasil overlay peta
·
Secara kelompok membuat laporan hasil diskusi
·
Secara kelompok, mendiskusikan penerapan SIG dalam mmenentukan lokasi
usaha warnet/foto copy
·
Mendiskusikan beberapa manfaat SIG dalam kajian geografi
|
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Laporan
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Laporan
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Laporan
|
2 x 45
16 x 45
4 x 45
|
Sumber:
Prahasta, Eddy (2001). Konsep – Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi. Bandung.
Informatika
Kunjungan ke Bakosurtanal
Dan LAPAN
Alat/ Bahan :
Perangkat keras SIG
Perangkat lunak SIG
Peta/ Atlas
|
SILABUS
Nama Sekolah
: SMA
Kelas/Jurusan
: XII /
IPS
Semester
: 2 (dua)
Alokasi waktu
: 54 x 45 menit
Standar Kompetensi
: 1. Menganalisis wilayah dan pewilayahan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/
Bahan/Alat
|
3.1. Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan serta
interaksi spasial desa dan kota
|
·
Potensi desa
·
Struktur ruang desa dan kota
·
Interaksi desa dan kota
|
·
Mengidentifikasi potensi desa daitannya dengan perkembangan desa kota
·
Mengidentifikasi ciri – ciri struktur ruang desa
·
Mengidentifikasi ciri – ciri struktur ruang kota
·
Menganalisis model-model teori struktur spasial kota
·
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi
spasial desa - kota
·
Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah
|
·
Secara kelompok, diskusi
tentang potensi desa kaitannya dengan
perkembangan desa kota
·
Secara kelompok, diskusi tentang ciri – ciri struktur desa
·
Secara kelompok, diskusi tentang ciri – ciri struktur kota
·
Secara kelompok, menganalisa model-model teori struktur spasial kota
·
Mengungkapkan kembali faktor – faktor yang mempengaruhi terjadinya
interaksi spasial desa – kota dari
berbagai referensi
·
Secara individu , menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah dari
data yang disajikan dalam LKS
|
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk Tagihan:
Laporan
Uraian berstruktur
Jenis tagihan:
Tugas individu
Ulangan
Bentuk Tagihan:
Laporan
Uraian berstruktur
|
12 x 45
|
Sumber: Bintarto: Geografi
Kota(1977), Yogyakarta, Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada
Daldjoeni, N.(1999), Geografi Kota dan Desa. Alumni. Bandung
Sumber/alat:
Gambar (chart)
|
3.2. Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan
pewilayahan dengan perencanaan
pembangunan wilayah
|
·
Konsep wilayah dan pewilayahan
-
Wilayah formal dan fungsional
-
Contoh perwilayahan secara formal
dan fungsional
-
Menentukan batas – batas wilayah pertumbuhan
-
Mengidentifikasi pusat pusat pertumbuhsn
-
Karakteristik pertumbuhan kota:
1)
Stadium pembentukan inti kota
2)
Stadium formatif
3)
Stadium modern
-
Teori tempat yang sentral
-
Teori kutub pertumbuhan
-
Pusat – pusat pertumbuhan di Indonesia
|
·
Merumuskan pengertian konsep wilayah dan pewilayahan
·
Mengidentifikasi kota-kota atau wilayah yang termasuk ke dalam wilayah
formal dan atau fungsional
·
Membedakan generalisasi wilayah (region generalization ) dan klasifikasi
wilayah (region classification)
·
Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif dari data yang telah
tersedia pada LKS
·
Menentukan batas – batas wilayah pertumbuhan
·
Menjelaskan perbedaan spread effect
dan backwash effect
·
Mengungkapkan tahapan fase – fase pertumbuhan suatu wilayah
·
Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatiff dari data yang telah
tersedia pada LKS
·
Menganalisis batas – batas wilayah pertumbuhan
·
Menjelaskan pengertian pusat pertumbuhan
·
Menentukan fase – fase pertumbuhan suatu wilayah
·
Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota
·
Menentukan tahapan fase karakteristik pertumbuhan kota
·
Menjelaskan perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub
pertumbuhan
·
Menunjukkan pada peta tentang pusat – pusat pertumbuhan di Indonesia
·
Mengidentifikasi pusat-pusat pertumbuhan di Indonesia
·
Menjelaskan pengaruh pusat pertumbuhan terhadap perkembangan ekonomi
danperubahan sosial-budaya masyarakat
|
·
Mengungkapan kembali perbedaan
wilayah formal dan fungsional (nodal) dari berbagai referensi
·
Mengidentifikasi kota / wilayah yang termasuk ke dalam wilayah formal dan
fungsional
·
Melalui diskusi, membedakan generalisasi wilayah (region
generalization ) dan klasifikasi
wilayah (region
classification)
·
Secara kelompok, menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif dari
data yang telah tersedia pada LKS
·
Secara individu, menentukan batas – batas wilayah pertumbuhan Nangro Aceh
Darusalam sebelum dan sesudah terjadinya gempa bumi (tsunami)
·
Secara kelompok, menganalisa perbedaan spread effect dan backwash effect
·
Secara kelompok, menentukan tahapan fase – fase pertumbuhan suatu wilayah
·
Menghitung delimitasi wilayah secara kuantitatif dari data yang telah
disediakan di LKS
·
Menelaah tentang batas – batas wilayah pertumbuhan dari berbagai
referensi.
·
Dengan melakukan kajian terhadap literatur dapat merumuskan pengertian
pusat pertumbuhan
·
Melalui diskusi, ,mengidentifikasi
fase-fase pertumbuhan suatu wilayah
·
Mengidentifikasi karakteristik pertumbuhan sebuah kota
·
Secara individu, menentukan tahapan fase karakteristik pertumbuhan kota
·
Mengidentifikasi perbedaan teori tempat yang sentral dan teori kutub
pertumbuhan
·
Secara kelompok, diskusi tentang tahapan – tahapan perkembangan negara
menurut W.W. Rostow
·
Secara kelompok dengan alat peraga peta , mengidentifikasi pusat – pusat
pertumbuhan di Indonesia
·
Secara kelompok, diskusi tentang pengaruh pusat pertumbuhan
|
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Laporan
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Laporan
Laporan poran
|
6 x 45
6 x 45
6 x 45
10 x 45
|
Sumber:Tarigan Robinson, Perencanaan
Pembangunan Wilayah (2005),Jakarta, Bumi Aksara
Sumber:
Soetanto (1990). Regionalisasi:
Penerapan Batas Wilayah. Fakultas Geografi. UGM. Yogyakarta
Bahan/alat:
Peta Indonesia
Atlas
|
3.3.Menganalisis
wilayah / perwilayahan negara maju dan
berkembang
|
·
Indikator negara maju dan negara berkembang
·
Ukuran keberhasilan pembangunan
dari UNRISD (United Nations Research Institute For Social Development)
tahun 1997
·
Tahapan-tahapan perkembangan negara menurut W.W. Rostow
·
Contoh-contoh negara maju dan negara berkembang
·
Model pengembangan wilayah negara maju dan negara berkembang
·
Pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia
|
·
Mengidentifikasi ciri/indikator negara maju dan negara berkembang
·
Memberikan - contoh ukuran keberhasilandengan tepat negara maju menurut
UNRISD(United Nations Research Institute For Social Development)
tahun 1997
·
Mengidentifikasi tentang tahapan – thapan perkembangan negara menurut
W.W. Rostow
·
Memberikan contoh negara – negara berkembang
·
Mengemukakan beberapa model pengembangan wilayah negara maju
·
Mengemukakan model pengembangan negara berkemban
·
Menyajikan pola pembangunan atau pengembangan wilayah Indonesia
|
·
Mengungkapkan kembali ciri/indikator negara maju dan berkembang
·
Mengidentifikasi ukuran keberhasilan pembangunan (UNRISD) tahun 1997
·
Secara kelompok, diskusi tentang tahapan – tahapan perkembangan negara
menurut W.W. Rostow
·
Melalui diskusi di dalam kelompok, mengidentifikasi contoh- contoh negara
berkembang
·
Secara kelompok, menganalisis beberapa model pengembangan wilayah negara
maju dengan gambar pola bentuk kota di negara maju
·
Mengidentifikasi model pengembangan negara berkembang
·
Diskusi kelompok tentang pola pembangunan /pengembangan wilayah di Indonesia
·
Membuat laporan tulisan tentang pola pembangunan atau pengembangan
wilayah Indonesia
|
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Laporan Laporan pora
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Laporan
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Laporan
Laporan poran
Jenis tagihan:
Tugas indisividu
Tugas kelompok
Ulangan
Bentuk tagihan:
Uraian berstruktur
Laporan
Laporan poran
|
4 x 45
2 x 45
4 x 45
4 x 45
|
Sumber:
Todaro, Michael (1978). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Jakarta: Ghalia Indoneisa
Bahan/alat::
Peta
Atlas
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar