SILABUS SMA
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester : X
Kompetensi
Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan
perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
3.
Memahami dan
menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menghayati keberadaan
dirinya sebagai makhluk Tuhan yang dapat berfikir ilmiah dan mampu meneliti
tentang lingkungannya.
1.2
Mensyukuri penciptaan
bumi tempat kehidupan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Pengasih dengan cara
turut memeliharanya.
1.3
Menghayati jati diri
manusia sebagai agent of changes di bumi dengan cara menata lingkungan yang
baik guna memenuhi kesejahteraan lahir bathin.
1.4
Menghayati keberadaan
diri di tempat tinggalnya dengan tetap waspada, berusaha mencegah timbulnya bencana alam, dan memohon
perlindungan kepada Tuhan yang Maha Kuasa.
|
|||||
2.1 Menunjukkan perilaku proaktif dalam mempelajari hakekat ilmu dan peran
geografi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab sebagai makhluk yang dapat
berfikir ilmiah.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan bertanggung jawab terhadap masalah
yang ditimbulkan oleh dinamika geosfera.
2.4 Menunjukkan sikap peduli terhadap peristiwa bencana alam dengan selalu
bersiap siaga, membantu korban, dan bergotong royong dalam pemulihan kehidupan
akibat bencana alam.
|
|||||
3.1 Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.1 Menyajikan contoh penerapan
pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan.
|
PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI
· Ruang
lingkup pengetahuan geografi
· Konsep
esensial geografi dan contoh
terapannya
· Obyek
studi geografi
· Prinsip
geografi dan contoh terapannya
· Pendekatan
geografi dan contoh terapannya
· Aspek
geografi
|
Mengamati:
·
membaca buku teks dan sumber bacaan lainnya tentang ruang
lingkup pengetahuan geografi, konsep esensial geografi, obyek studi, prinsip, pendekatan, serta aspek geografi; dan atau
·
mengamati peta atau citra penginderaan jauh seperti foto udara atau foto
satelit yang memperlihatkan relief permukaan bumi dan pola penggunaan lahan.
Peserta didik diarahkan untuk menerapkan prinsip geografi dalam
mengidentifikasi objek dan gejala di permukaan bumi.
Menanya:
·
Peserta didik ditugasi untuk mengajukan pertanyaan tentang sesuatu yang
ingin diketahuinya lebih mendalam terkait dengan ruang lingkup pengetahuan
geografi,
konsep esensial geografi,
obyek studi, prinsip, pendekatan, atau aspek geografi. Butir pertanyaan dapat ditulis dalam kertas selembar
atau diajukan secara lisan; atau
·
Secara klasikal, peserta didik diminta untuk mendaftar sejumlah
pertanyaan tentang konsep dan prinsip geografi kaitannya dengan keberadaan suatu
objek dan gejala di permukaan bumi setelah mereka mengamati peta atau citra
penginderaan jauh.
Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik mencoba menerapkan konsep, prinsip, dan pendekatan geografi
yang diketahuinya dengan menunjukkan bukti di lapangan melalui media peta
atau citra penggunaan lahan. Misalnya menunjukkan letak delta yang selalu ada
di muara sungai atau pola permukiman penduduk yang memanjang jalan atau
sungai; atau
·
Peserta didik memberi contoh kenampakan objek buatan manusia (permukiman,
pesawahan, atau jaringan jalan) yang dipengaruhi oleh keadaan relief muka
bumi sebagai bukti berlakunya konsep dan prinsip geografi dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi:
·
Peserta didik diminta untuk menganalisis hubungan antara keberadaan suatu
objek di permukaan bumi dengan objek-objek lainnya sehingga mereka memperoleh
makna tentang konsep dan prinsip geografi. Contohnya menghubungkan antara
keberadaan permukiman di tepian sungai yang selalu memanjang mengikuti aliran
sungai, atau menghubungkan antara kepadatan jaringan jalan dengan kondisi
perkotaan.
·
Peserta didik diminta untuk menyimpulkan hasil eksplorasinya tentang konsep,
prinsip, dan pendekatan geografi sehingga memperoleh pengetahuan baru tentang
dasar-dasar ilmu geografi.
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik mengomunikasikan hasil analisisnya dalam bentuk tulisan yang dilengkapi dengan
gambar, tabel, atau grafik yang mendukung gagasan yang ditulis, atau
·
Pesera didik menyampaikan hasil kesimpulannya tentang ruang lingkup pengetahuan
geografi,
konsep esensial geografi,
obyek studi, prinsip, pendekatan, dan aspek geografi di depan kelas.
|
Tugas: Membuat daftar nama objek alam dan objek buatan manusia
di permukaan yang saling berhubungan (misalnya objek jembatan yang
dipasangkan dengan adanya sungai dan jalan, rawa dan daerah dataran rendah).
Daftar nama objek minimal 10 pasang.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, pembuatan laporan, dan komunikasi. Aspek
yang diamati adalah keuletan dan keseriusannya dalam mengerjakan tugas.
Tes:menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami ruang lingkup pengetahuan
geografi,
konsep esensial geografi,
obyek studi, prinsip, pendekatan, atau aspek geografi. Bentuk tes yang digunakan adalah pilihan ganda atau
tes uraian.
|
4 mgg x JP
|
-
Buku paket geografi
kelas X
-
Jurnal ilmiah
-
Berita dan kasus yang
dimuat oleh media masa (koran dan majalah)
-
Laporan perjalanan
-
Peta rupa bumi,
-
Foto satelit atau foto
udara
-
Sumber informasi lain
yang dimuat dalam situs terkait di internet,
-
dan lain-lain
|
3.2 Menganalisis langkah-langkah penelitian
geografi terhadap fenomena geosfera.
4.2 Menyajikan contoh penerapan langkah-langkah penelitian geografi dalam
bentuk laporan observasi lapangan.
|
LANGKAH
PENELITIAN GEOGRAFI
· Sifat
studi geografi
· Pendekatan
analisis studi geografi
· Metode
analisis Geografi
· Teknik
pengumpulan data geografi
· Teknik analisis
data geografi
· Publikasi
hasil penelitian geografi
|
Mengamati:
·
Peserta didik ditugasi mengamati sejumlah laporan yang bersifat
penelitian geografi atau diminta untuk membaca artikel dari jurnal ilmu
geografi.
·
Peserta didik ditugasi membaca buku teks tentang metode penelitian
geografi untuk memahami sifat studi, pendekatan, metode
analisis, teknik pengumpulan data, dan
teknik analisis data geografi, serta publikasi hasil penelitian geografi
Menanya
·
Peserta didik diminta untuk membuat sejumlah pertanyaan yang ingin
diketahuinya setelah membaca laporan penelitian, artikel, atau buku teks tentang
metode penelitian geografi, atau
·
melalui kegiatan diskusi, setiap peserta didik mengajukan keinginan untuk
meneliti tentang suatu objek atau masalah geografi. Berdasarkan keinginan
tersebut, peserta didik mengajukan sejumlah pertanyaan tentang langkah-langakh
penelitian yang harus dilakukan
Mengeksperimenkan/ mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
peserta didik secara berkelompok berdiskusi untuk merencanakan suatu
kegiatan penelitian yang bersifat studi geografi. Setiap rencana
langkah-langkah dideskripsikan atau diuraikan dengan cermat, atau
·
setiap kelompok menelaah laporan penelitian geografi dan melaporkannya
dalam bentuk tabel dua kolom. Kolom pertama berisi komponen-komponen langkah
penelitian dan kolom kedua deskripsi tentang hasil telaahannya, atau
·
secara kelompok, peserta didik mencoba melakukan penelitian geografi
secara sederhana dengan langkah-langkah penelitian yang benar.
Mengasosiasi
·
Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan tentang pentingnya
penelitian geografi yang dilakukan dengan langkah-langkah yang sistematis.
Kesimpulannya ditulis dalam bentuk pointer-pointer yang dianggap paling
penting, atau
·
Peserta didik ditugasi
untuk membuat hubungan antar komponen penelitian sehingga peserta didik
memperoleh tambahan wawasan tentang pentingnya penelitian dalam mengembangkan
suatu ilmu.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik diminta untuk melaporkan hasil penelitian geografinya dalam
forum diskusi kelas, atau
·
Peserta didik diminta untuk membuat satu buah artikel atau ringkasan
laporan hasil penelitian yang dipublikasi melalui majalah dinding atau
diunggah di media internet.
·
Peserta didik diminta untuk melaporkan hasil telaahan naskah laporan
penelitian geografi dalam bentuk narasi yang disajikan
dalam diskusi atau diunggah
di internet.
|
Tugas:
Peserta diminta
untuk membuat proyek penelitian sederhana tentang fenomena geografi yang ada
di sekitar sekolah.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses penelitian yaitu pada saat membuat
rencana, mengajukan pertanyaan, mengumpulkan, menganalisis data dan membuat
media publikasi
Tes tulis:
menilai kemampuan peserta didik tentang sifat studi, pendekatan, metode analisis,
teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data geografi,
|
4 mgg x JP
|
-
Buku paket geografi
kelas X
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala yang
terkait dengan penelitian geografi
-
Dokumen hasil
penelitian geografi (skripsi atau makalah).
-
Dan lain-lain
|
3.3 Menganalisis dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan.
4.3 Mengolah informasi dinamika planet
bumi sebagai ruang kehidupan dan menyajikannya dalam bentuk narasi dan gambar
ilustrasi.
|
MENGENAL
BUMI
-
Teori penciptaan planet bumi.
-
Gerak rotasi dan revolusi bumi
-
Karakteristik lapisan bumi dan pergeseran benua
-
Kala geologi dan sejarah kehidupan
-
Kelayakan planet bumi untuk kehidupan.
|
Mengamati:
·
Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya (majalah dan
internet) yang memuat gambar, dan ilustrasi, tentang teori penciptaan planet
bumi, gerak rotasi dan revolusi bumi, karakteristik perlapisan
bumi, pergeseran benua,
kala geologi dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk
kehidupan; atau
·
Peserta didik diminta untuk dan menyaksikan media audio visual untuk
mengenal planet bumi.
Menanya:
·
Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan yang menarik minatnya untuk
belajar lebih mendalam tentang teori penciptaan planet bumi, dampak gerak
rotasi dan revolusi bumi, karakteristik perlapisan bumi, teori pergeseran benua, kala geologi dan sejarah
kehidupan serta dinamika planet bumi; atau
·
Peserta didik mengajukan suatu hipotesis sebagai panduan dalam melakukan
eksplorasi pemahaman tentang dinamika planet bumi baik perorangan maupun
secara berkelompok.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik diminta untuk memeragakan gerak rotasi dan revolusi bumi
melalui media globe dan berdiskusi tentang pengaruh gerakan planet bumi
terhadap kehidupan.
·
Secara berkelompok, peserta didik diminta untuk berdiskusi atau diminta
untuk mengumpulkan data untuk mencari informasi tambahan untuk menjawab pertanyaan dan
hipotesisnya, atau
Mengasosiasi:
·
Peserta didik diminta untuk memberi contoh nyata dari data yang diperoleh
baik dari bacaan maupun praktek untuk mendapatkan kesimpulan tentang teori
penciptaan planet bumi, karakteristik perlapisan bumi, dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi
untuk kehidupan.
·
Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan tentang pengaruh rotasi
bumi terhadap perbedaan waktu di bumi dan pengaruh revolusi bumi terhadap
pergiliran musim tahunan.
·
Peserta didik diminta untuk menghubungkan teori pergeseran benua dengan pembentukan daratan
dan samudera dalam kala geologi
tertentu
Mengomunikasikan:
·
Peserta didik diminta untuk membuat laporan hasil analisisnya dalam
bentuk tulisan mapun lisan yang dilengkapi/ dibantu dengan gambar dan
ilustrasi. Setelah selesai, laporan disampaikan dalam forum diskusi atau
diunggah di internet, atau
·
Peserta didik diminta membuat animasi sederhana atau audio visual tentang
materi mengenal bumi. Untuk memotivasi belajar, animasi dan video dapat dilombakan..
|
Tugas:
Membuat tulisan
dalam bentuk laporan hasil analisis tentang materi mengenal bumi.
Observasi : mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan,
menganalisis data, praktek, membuat laporan, dan membuat animasi sederhana atau
audio visual.
Portofolio:
menilai hasil
pekerjaan peserta didik dari setiap rangkaian proses pembelajaran baik berupa
hasil diskusi, naskah laporan, dan produk animasi sederhana atau audio visual
Tes tulis:
menilai pemahaman peserta didik tentang
teori
penciptaan planet bumi, gerak rotasi dan revolusi bumi, karakteristik perlapisan
bumi, pergeseran benua,
kala geologi dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk
kehidupan.
|
6 mgg x JP
|
-
Buku paket geografi
kelas X
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala yang
terkait
-
Poster-poster yang
dipublikasikan oleh instansi terkait (LAPAN dan badan geologi)
-
Sumber lain yang
diperoleh dari internet,
-
Dan lain-lain
|
3.4 Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat
dari dinamika litosfer.
4.4 Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya
sebagai pengaruh dinamika litosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik,
gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.
|
HUBUNGAN
MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA LITOSFER
-
Aktivitas manusia dalam pemanfaatan batuan penyusun
litosfer
-
Pengaruh tektonisme terhadap kehidupan
-
Pengaruh vulkanisme terhadap kehidupan
-
Pengaruh seisme terhadap kehidupan
-
Pengaruh proses eksogen terhadap kehidupan
- Pembentukan
tanah dan
pemanfaatannya
|
Mengamati:
·
Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan
sumber lainnya yang memuat pembahasan tentang aktivitas manusia dalam pemanfaatan batuan penyusun
litosfer, pengaruh tektonisme, vulkanisme, seisme, dan proses eksogen
terhadap kehidupan, dan pembentukan tanah dan
pemanfaatannya, atau
·
Peserta didik ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video yang terkait
dengan dinamika litosfer (tektonisme,
vulkanisme, seisme, dan proses eksogen), dan
atau
·
Peserta didik ditugasi untuk membuat kliping yang dipajang di kelas
sehingga masing-masing peserta didik dapat bertukar informasi tentang
dinamika litosfer.
Menanya
·
Peserta didik diminta mengajukan pertanyaan (perorangan atau kelompok).
Setiap topik bahasan disarankan agar peserta didik mengajukan pertanyaan
lebih dari satu, atau
·
Peserta didik diminta untuk membuat hipotesis yang terkait dengan pengaruh proses tektonisme, vulkanisme, seisme, atau
tenaga eksogen terhadap kehidupan makhluk hidup.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik diminta mencari informasi atau
bahan untuk menjawab dan membuktikan hipotesis yang diajukan terkait dengan pengaruh
proses tektonisme, vulkanisme, seisme, atau tenaga eksogen terhadap kehidupan
makhluk hidup, atau
·
Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan
atau hipotesisnya. Hasil diskusi dapat berupa peta konsep atau mindmap
sehingga mereka memahami konsep-konsep yang saling terkait dalam skema
dinamika litosfer.
Mengasosiasi
· Peserta didik diminta memberi contoh kasus keterkaitan antara konsep yang
telah dipelajarinya dengan gejala atau fenomena nyata di lingkungan sekitar
sehingga konsep tersebut menjadi lebih bermakna dan memperkaya wawasan.
· Peserta didik ditugasi untuk menganalisis bahwa kehidupan manusia
dipengaruhi oleh aktivitas litosfer (proses tektonisme, vulkanisme, seisme, dan
tenaga eksogen).
Mengomunikasikan
· Peserta didik diminta untuk mengkomunikasikan hasil analisis tentang
dinamika litosfer dalam bentuk tulisan atau lisan yang dilengkapi/ dibantu
dengan gambar, ilustrasi, animasi, audio visual. Forum untuk menyampaikan
gagasan dapat menggunakan forum diskusi, diunggah di internet, lomba menulis
artikel, dan lain-lain.
|
Tugas:
Peserta didik diberi
tugas membuat tulisan tentang contoh kehidupan manusia yang dipengaruhi oleh
dinamika litosfer.
Observasi : mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan dan bahan untuk dikomunikasikan
Portofolio:
menilai karya peserta didik yang berupa laporan, bahan yang disampaikan
dalam forum diskusi, tulisan diupload di internet, dan lain-lain.
Tes:
menilai pemahaman peserta didik dalam
penguasaan materi tentang keterkaitan
antara kehidupan manusia dan lingkungannya sebagai akibat dinamika litosfer. Bentuk tes dapat berupa pilihan ganda atau tes uraian,
|
6 mgg x JP
|
-
Buku paket geografi X
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala
instansi terkait
-
Poster-poster yang
dipublikasikan oleh instansi terkait.
-
Media visual
-
Sumber yang ada di situs
internet,
-
Dan lain-lain
|
3.5 Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat
dari dinamika atmosfera.
4.5 Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya
sebagai pengaruh dinamika atmosfer dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik,
gambar ilustrasi, dan atau peta konsep.
|
HUBUNGAN
MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA ATMOSFER
-
Lapisan atmosfer
-
Cuaca dan iklim
-
Klasifikasi tipe Iklim
-
Ciri iklim di Indonesia
-
Dampak perubahan iklim global
-
Research
tentang iklim dan pemanfatannya
|
Mengamati
·
Peserta didik ditugasi membaca buku teks dan sumber lainnya yang memuat ulasan tentang lapisan
atmosfer, cuaca dan iklim, klasifikasi tipe iklim,ciri iklim di Indonesia, dan dampak perubahan iklim global dan research tentang
iklim serta pemanfatannya, dan atau
·
Peserta didik ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video yang terkait
dengan dinamika atmosfer.
Menanya:
·
Peserta didik diminta untuk mengajukan
pertanyaan atau hipotesis (perorangan atau kelompok) tentang
aktivitas manusia yang
dipengaruhi oleh dinamika atmosfer, atau
·
Peserta didik mengajukan pertanyaan
tentang kaitan antara kerusakan lingkungan dan dampaknya terhadap perubahan
iklim global. Setiap topik bahasan disarankan agar peserta didik mengajukan
pertanyaan/ hipotesis lebih dari satu.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
·
Peserta didik diminta mencari informasi atau
bahan untuk menjawab dan membuktikan hipotesis yang diajukan terkait dengan pengaruh
proses atmosfer terhadap kehidupan makhluk hidup, atau
·
Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan
dan hipotesisnya. Hasil diskusi dapat berupa peta konsep sehingga mereka
memahami konsep yang saling terkait dalam skema dinamika atmosfer.
Mengasosiasi
·
Peserta didik diminta untuk memberi contoh kasus tentang kebenaran teori
yang telah dipelajarinya dengan gejala dan fenomena nyata di lingkungan
sekitar sehingga materi menjadi bermakna, atau
· Peserta didik ditugasi untuk menganalisis tentang kehidupan manusia yang dipengaruhi
oleh dinamika atmosfer baik dalam wilayah yang sempit maupun luas.
·
Peserta didik membuat model peta tematik persebaran curah hujan atau peta
iklim di wilayah tertentu di Indonesia.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik diminta membuat tulisan yang dilengkapi/dibantu dengan
gambar, ilustrasi, animasi, atau membuat audio visual tentang
dinamika atmosfer. Forum untuk
menyampaikan gagasan dapat menggunakan forum diskusi atau diunggah di
internet, dan lain-lain.
·
Peserta didik diminta untuk membuat artikel tentang keunikan dinamika
atmosfer lalu dilombakan antar siswa dengan penghargaan tertentu dari guru.
|
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan dan bahan untuk dikomunikasikan
Portofolio: menilai portofolio peserta didik yang berupa laporan, bahan yang
disampaikan dalam forum diskusi, pameran, yang diupload di internet, dan
lain-lain.
Tes tulis:
menilai tingkat pemahaman peserta didik tentang dinamika atmosfer. Bentuk tes dapat berupa
pilihan ganda atau tes uraian,
|
6 mgg x JP
|
-
Buku paket geografi
kelas X
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala
instansi terkait
-
Peta tematik
-
Media audio visual
-
Situs terkait di
internet,
- Dan lain-lain
|
3.6 Menganalisis hubungan antara manusia dengan lingkungan sebagai akibat
dari dinamika hidrosfera.
4.6 Menyajikan hasil analisis hubungan antara manusia dengan lingkungannya
sebagai pengaruh dinamika hidrosfer
dalam bentuk narasi, tabel, bagan, grafik, gambar ilustrasi, dan atau
peta konsep.
|
HUBUNGAN
MANUSIA DAN LINGKUNGAN AKIBAT DINAMIKA HIDROSFER
-
Siklus air
-
Perairan darat dan potensinya
-
Perairan laut dan potensinya
-
Pemanfaatan dan pelestarian perairan darat dalam unit
Daerah Aliran Sungai (DAS)
-
Pemanfaatan dan pelestarian laut secara berkelanjutan
|
Mengamati
· Peserta didik ditugasi membaca
buku teks dan sumber lainnya
yang memuat ulasan dan ilustrasi tentang siklus air,
perairan
darat dan perairan laut, potensi yang dikandungnnya, pemanfaatan dan pelestarian perairan darat dalam
unit DAS dan laut secara berkelanjutan
·
Peserta didik ditugasi untuk menyaksikan pemutaran video yang terkait
dengan dinamika hidrosfer.
Menanya
· Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan atau hipotesis secara perorangan
atau kelompok tentang hubungan siklus air yang dipercepat akibat kerusakan lingkungan, atau
· Peserta didik diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang potensi perairan darat dan laut dan upaya pelestariannya.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
· Peserta didik ditugasi untuk mencari informasi atau bahan untuk menjawab pertanyaan atau membuktikan
hipotesis yang diajukan.
·
Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk menjawab pertanyaan
dan hipotesisnya. Hasil diskusi dapat berupa peta konsep sehingga mereka
memahami konsep yang saling terkait dalam skema dinamika hidrosfer.
Mengasosiasi
·
Peserta didik diminta
untuk memberi contoh untuk
membuktikan kebenaran teori yang telah dipelajarinya dengan gejala dan
fenomena nyata di lingkungan sekitar sehingga materi menjadi bermakna.
Peserta didik juga dapat menarik kesimpulan
tentang materi yang telah
dipelajarinya.
· Peserta didik ditugasi untuk menganalisis tentang kehidupan manusia yang
dipengaruhi oleh dinamika hidrosfer baik dalam wilayah yang sempit maupun
luas, atau
·
Peserta didik membuat model peta tematik tentang Daerah Aliran Sungai (DAS) persebaran curah hujan atau
peta iklim di wilayah tertentu di Indonesia.
Mengomunikasikan
· Peserta didik diminta untuk mengomunikasikan hasil
analisisnya dalam bentuk tulisan mapun lisan yang dilengkapi/ dibantu dengan
gambar, ilustrasi, Forum untuk menyampaikan gagasan dapat menggunakan forum
diskusi, diunggah di internet, lomba menulis artikel, dan lain-lain.
· Bagi yang telah memiliki kemampuan untuk menyediakan
komputer, peserta didik dapat juga diminta untuk membuat kreativitas animasi
atau audio visual tentang dinamika hidrosfer yang kemudian diunggah di internet.
|
Tugas:
Peserta didik diberi
tugas membuat peta tematik tentang perairan darat dalam unit DAS yang
bersumber dari peta rupa bumi atau peta jenis lainnya.
Observasi : mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan dan bahan untuk dikomunikasikan
Portofolio:
menilai portofolio peserta didik baik dalam bentuk laporan, bahan yang
disampaikan dalam forum diskusi, atau bahan yang diupload di internet, dan
lain-lain.
Tes:
menilai kemampuan peserta didik dalam penguasaan konsep, dalil, dan teori
tentang dinamika hidrosfer.
|
6 mgg x JP
|
-
Buku paket geografi
kelas XI
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala
instansi terkait
-
Peta tematik
-
Media audio visual
-
Situs terkait di
internet,
-
Dan lain-lain
-
|
3.7 Menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografi.
4.7 Menyajikan contoh penerapan
mitigasi dan cara beradaptasi
terhadap bencana alam di
lingkungan sekitar.
|
MITIGASI
DAN ADAPTASI BENCANA ALAM
-
jenis dan karakteristik bencana alam
-
sebaran daerah rawan bencana alam di Indonesia
-
usaha pengurangan resiko bencana alam
-
kelembagaan penanggulangan bencana alam
|
Mengamati
· peserta didik diminta membaca
buku teks dan sumber lainnya
yang memuat ulasan, gambar, ilustrasi, dan animasi tentang jenis dan karakteristik bencana alam, sebaran daerah rawan
bencana alam di Indonesia, upaya
pengurangan resiko bencana alam dan kelembagaan penanggulangan bencana alam,
atau
· peserta didik diminta untuk mengumpulkan berita yang
dimuat di koran atau majalah lalu dipajang di kelas sehingga peserta didik
dapat bertukar informasi tentang perlunya mitigasi dan adaptasi bencana
alam.
Menanya
· Peserta didik diminta mengajukan pertanyaan dan hipotesis (perorangan atau
kelompok) tentang jenis dan karakteristik bencana alam, sebaran daerah
rawan bencana alam di Indonesia, upaya pengurangan resiko bencana alam dan
kelembagaan penanggulangan bencana alam, atau
· Peserta didik diminta mengajukan pertanyaan tentang
manfaat mitigasi dan adaptasi bencana alam.
Mengeksperimenkan/
mengeksplorasi/mengumpulkan data:
· Peserta didik ditugasi mencari informasi atau bahan
untuk menjawab dan membuktikan hipotesis yang diajukan terkait
dengan materi mitigasi
bencana alam.
· Peserta didik ditugasi untuk berdiskusi secara
berkelompok tentang langkah mitigasi dan adaptasi bencana alam (gempa, gunung
api meletus, banjir, atau bentuk bencana lainnya) jika terjadi di daerahnya.
· Peserta didik
ditugasi untuk membuat sketsa jalur evakuasi ketika bencana alam terjadi di
daerahnya.
Mengasosiasi
· Peserta didik diminta untuk menganalisis informasi dan data yang diperoleh
baik dari bacaan maupun
sumber terkait untuk
mendapatkan kesimpulan tentang peranan mitigasi bencana
alam, atau
· Peserta didik diminta untuk memberi contoh kasus untuk memperjelas konsep mitigasi dan adaptasi
bencana yang telah dipelajarinya dengan gejala dan fenomena nyata di
lingkungan sekitar sehingga materi menjadi bermakna.
Mengomunikasikan
· Peserta didik diminta untuk mengomunikasikan hasil analisis mitigasi dan adaptasi bencana dalam
bentuk tulisan mapun lisan yang dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi.
Forum komunikasi
dapat menggunakan media diskusi atau diunggah di internet.
·
Jika memungkinkan,
peserta didik diminta untuk membuat animasi sederhana atau audio visual tentang mitigasi bencana dan hasilnya dapat dipamerkan.
|
Observasi : mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan dan bahan yang akan dikomunikasikan
Portofolio:
menilai portofolio peserta didik yang berupa laporan, bahan yang
disampaikan dalam forum diskusi, pameran, yang diupload di internet, dan
lain-lain.
Tes
Mengukur tingkat
pemahaman peserta didik dalam penguasaan konsep tentang mitigasi dan adaptasi
bencana alam.
|
4 mgg x JP
|
-
Buku paket geografi
kelas XI
-
Jurnal ilmiah
-
Informasi berkala
instansi terkait
-
Berita dan kasus yang
dimuat oleh media masa (koran dan majalah)
-
Poster-poster yang
dipublikasikan oleh instansi terkait (BNPB, BMKG, Pusat Vulkanologi dan
mitigasi bencana geologi, dll).
-
Media audio visual
-
Situs terkait di
internet,
-
Dan lain-lain
|
Silabus Kelas X Kurikulum 13 download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar